Tips Lima Cara Jaga Prestasi Akademikmu

Meski banyak di antara kita mempelesetkan ujian tengah semester (UTS) menjadi ‘ujian tidak serius’, bukan berarti kamu benar-benar tidak serius mempersiapkan diri. Sebab, UTS tetap berkontribusi pada nilai akhir yang akan kamu dapatkan. 

Jika kamu berhasil mendapatkan nilai yang baik pada UTS, kamu pun akan bersemangat menjaga prestasi itu hingga akhir semester, dan semester berikutnya. Tetapi, jika nilaimu terlanjur buruk, maka kamu harus berusaha lebih keras dari sebelumnya.

Nah, Kampus Okezone bisa memandumu untuk menjaga agar nilai-nilaimu tetap baik sepanjang semester. Simak tips berikut seperti dikutip dari College Cures, Selasa (10/4/2012).

Membaca setiap minggu 

Beberapa dosen mewajibkan tugas membaca buku setiap minggu, beberapa dosen lainnya mungkin hanya menjadikan itu sebagai rujukan. Terkadang, tugas membaca seperti yang tercantum di silabus kuliah membuat kita kewalahan setiap minggu. Tetapi, paksakan dirimu untuk membaca dan penuhi target dalam rencana studimu.

Kamu akan mendapati betapa kemampuanmu memahami materi perkuliahan meningkat seiring kerajinanmu membaca buku sesuai penugasan.

Membaca ulang catatan 

Baca kembali catatan materi kuliah sebelumnya. Apakah itu masih dapat kamu mengerti? Atau catatanmu hanya potongan-potongan kecil informasi yang kini tidak kamu pahami?  Jika jawabanmu adalah ‘Ya’ untuk pertanyaan kedua, maka ini saatnya kamu merapikan catatan kuliahmu.

Kamu tidak perlu melakukannya dalam sekali waktu, cicillah setiap minggu. Otakmu pasti akan berterima kasih jika kamu tidak mencoba memasukkan semua informasimu malam sebelum ujian tiba.

Rajin kuliah 

Jika kamu ingin menguasai materi pelajaran, maka kamu harus menghadiri semua jadwal kuliah, titik. Jika kamu sakit, pinjam catatan teman atau bertemulah dengan dosenmu. Kamu perlu proaktif, tidak akan ada yang memegang tanganmu dan meyakinkanmu bahwa kamu akan mengerti semua materi yang kamu lewatkan.

Ikuti silabus

Jika dosenmu memberikan panduan menjelang ujian, pastikan kamu memahami semua konsep yang dia sampaikan. Kamu akan sangat beruntung jika menuliskan informasi-informasi tambahan untuk melengkapi outline yang diberikan sang dosen. Cara ini tidak hanya jalan terbaik dalam mereview pelajaran, tetapi juga akan membantumu ‘membuang’ informasi tidak penting yang tidak perlu kamu pelajari.

Temui dosenmu (jika diperlukan) 

Kebanyakan dari mahasiswa malas melakukan hal ini. Jika kamu mampu memahami semua materi pelajaran dan tidak memiliki pertanyaan, maka kamu akan aman untuk belajar sendiri. Tetapi, jika ada kesenjangan antara materi pelajaran yang kamu pahami dan tidak kamu mengerti, maka ini saatnya kamu membuat janji temu dengan dosenmu.

Membuat janji temu dengan dosen akan lebih baik dilakukan jauh-jauh hari ketimbang mengirimkan email putus asa kepada sang dosen malam sebelum ujian dan memintanya untuk menjelaskan suatu konsep. (kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s