Tips Pilih Ekskul yang Tepat!

pertamamu sebagai mahasiswa baru pasti akan disibukkan dengan keriuhan ospek. Kemudian, kamu akan mulai bertemu dengan dosen wali untuk merencanakan studimu, menentukan mata kuliah yang akan kamu ambil, kemudian mengisi kartu rencana studi (KRS) untuk satu semester ke depan. 

Setelah itu, kamu akan disibukkan dengan jadwal kuliah. Kamu juga akan mulai mengerjakan tugas sambil beradaptasi dengan sistem kuliah yang tentunya sangat berbeda dengan sistem belajar di SMA. Di waktu senggang, kamu akan mulai berkenalan dengan teman-teman baru dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarmu.

Selain sibuk kuliah dan mengerjakan tugas di kampus, kamu bisa juga mengisi waktumu dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Di kampus, kamu akan mengenalnya dengan sebutan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Tentu saja, kamu bisa memilih UKM yang tepat dengan mempertimbangkan hobi dan minatmu. Tetapi, ada cara pandang lain yang bisa kamu pakai untuk memilih UKM yang tepat untukmu, dan akan mendukung kariermu di masa depan.

Mengapa hal ini penting? Aktivitasmu di UKM akan membuat curiculum vitaemu “bersinar” dan meneguhkan dirimu sebagai calon pekerja potensial di pasar kerja. Meski kamu mungkin harus keluar dari zona nyamanmu ketika memilih klub ekskul di kampus, kamu harus ingat, semua pilihanmu harus didasarkan pada kualitas, bukan kuantitas. Kamu perlu memilih UKM yang menyenangkan sekaligus memberimu nilai tambah setelah lulus kuliah nanti.

Pada dasarnya tidak ada grup yang “salah” untuk kamu masuki. Tetapi, ada cara pintar untuk mempertimbangkan pilihanmu. Wakil Direktur pada Pusat Karier University of Connecticut Larry Druckenbrod percaya bahwa bergabung dengan organisasi di kampus adalah kunci untuk kehidupanmu setelah lulus. Menurutnya, ketika kamu melamar untuk sebuah pekerjaan, perekrut karyawan akan menyukai mereka yang bergabung dengan organisasi di kampus yang meningkatkan kualitasmu.

“Pada suatu titik, seseorang akan bertanya padamu tentang apa yang kamu kerjakan di waktu luang ketika kuliah dulu,” kata Larry, seperti disitat dari Her Campus, Kamis (5/7/2012).

Larry mengingatkan,  pertanyaan ini akan menuntunmu pada pertanyaan yang harus kamu tanyakan ketika akan memilih kegiatan ekskul, “UKM apa yang harus kupilih yang dapat meningkatkan kemampuanku?” (kampus.okezone.com)

Simak jawabannya di tulisan berikutnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s