Tips Taklukkan Stresmu!

Tidak lama lagi, kamu yang duduk di kelas XII SMA/SMK/MA dan yang sederajat akan menghadapi ujian nasional (UN). Ujian ini akan menjadi salah satu penentu kelulusanmu setelah belajar selama tiga tahun. Kamu mungkin akan merasakan stres menghadapi ujian. Bisa jadi kamu tidak nafsu makan, atau malah makan secara berlebihan. Tidur juga biasanya menjadi masalah ketika kita sedang dalam keadaan tertekan.

Bagaimanapun juga, stres ketika menghadapi ujian harus kita hadapi karena memang ada yang perlu kita khawatirkan. Tetapi, setidaknya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi tingkat stres tersebut. Surviving College, Jumat (6/4/2012).

Gagal ulangan harian? Bagus. 

Loh kok bagus? Ya, sebab jika kamu melakukan kesalahan pada ulangan harian, maka kamu akan lebih berhati-hati dan menghindari kesalahan ketika mengerjakan soal ujian akhir.

Dari kesalahan ini, pelajarilah materi apa yang membuatmu berusaha lebih keras. Perjelas lagi, apakah itu tentang pembahasan yang lebih spesifik atau materinya secara keseluruhan. Kemudian, fokuslah pada apa yang tidak kamu ketahui ketimbang membaca kembali semua materi yang telah kamu kuasai.

Ubah sikap

Telah terbukti, perbedaan cara pandang secara dramatis dapat meningkatkan atau menurunkan tingkat stresmu. Stres akan lebih berat jika kamu merasa tidak dapat menangani masalahmu. Hindari perasaan ini dengan percaya bahwa kamu dapat menyelesaikannya.

Coba pikirkan tentang ujian-ujian yang telah kamu lalui. Toh kamu bisa berhasil, bukan? Pasti akan ada masanya ketika kamu merasa tidak akan dapat menangani suatu masalah dan justru berakhir dengan hasil yang lebih baik dari perkiraanmu. Berpikirlah positif!

Kerjakan tugasmu daripada berpikir tentang berapa banyak pekerjaan yang harus kamu kerjakan.

Berpikir tentang betapa kacaunya kita adalah hal yang umum ketika menghadapi ujian. Pikirkan tentang semua waktu yang kamu habiskan untuk merasa stres. Kita mungkin akan ‘lumpuh’ karena khawatir dan takut sebelum menyelesaikan satu tugas. Padahal, banyak yang bisa kita selesaikan dalam satu minggu. Bahkan, banyak yang dapat kita selesaikan hanya dalam hitungan jam.

Minta dukungan.

Tidak perlu khawatir, banyak yang merasakan stres yang sama denganmu menjelang ujian. Jika kamu sudah mulai merasa stres, ambillah jeda di antara waktu belajar untuk berkumpul dengan teman dan keluarga. Kita semua membutuhkan dukungan selama ujian ketika kita merasa dunia akan runtuh. (kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s