1.955 Lulus dari Belajar Jarak Universitas Terbuka

Unit Program Belajar Jarak Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Bandung melepas 1.955 lulusan dari Program Pendidikan Dasar dalam kegiatan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) di Gedung Graha Batununggal Indah, Jln. Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (12/7/12). Peserta UPI terdiri atas 1.774 lulusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 179 lulusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak UD dan 2 lulusan Diploma II Pendidikan Olahraga.

Pembantu Rektor II UT Nadia Sri Damajanti dalam sambutan Rektor UT menyampaikan pendidikan di UT memiliki kesamaan dengan perguruan tatap muka dalam rangka meningkatkan kualitas pendidik. Tujuan dari Universitas Terbuka yaitu memberikan kesempatan yang luas bagi warga Negara Indonesia di manapun berada untuk memperoleh kesempatan belajar di Perguruan Tinggi dan karena alasan lain tidak dapat melanjutkan ke pendidikan di perguruan tatap muka.

Terkait dengan tema “Meningkatkan Nasionalisme melalui Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, dia berharap agar para lulusan mampu melaksanakan panggilan tugas sebagai pendidik dan pelaku perubahan bagi anak-anak bangsa dalam meningkatkan semangat nasionalisme.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi menuturkan UT termaksuk universitas kelas dunia dan memberikan sungbangsih kepada Dinas Pendidikan khususnya Jawa Barat dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya guru.. “Kami terbantu sekali. Setiap tahun programnya berhasil meluluskan enam ribu lulusan dan ini pekerjaan yang besar,” katanya.

Dia menambahkan, melalui pendidikan di UT mahasiswa diajarkan untuk belajar mandiri. Motivasi belajar mahasiswa menunjukkan hasil akhir yang diperoleh. “Saya setuju kalau memang tidak lulus ya tidak lulus saja, biar mereka mengulang lagi. Dan kemandirian belajar ini yang dibutuhkan untuk dilaakukan sepanjang masa,” tutur Zarkasyi. (PR)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s