Beasiswa Bidik Misi | SPMB PTIN

Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta mengalokasikan 150 kursi bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun 2012 ini, beasiswa Bidik Misi di UIN tidak lagi dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melainkan Kementerian Agama. 

“Mulai tahun 2012, untuk Bidik Misi UIN Jakarta dikelola oleh Kemenag, jumlahnya 150 orang,” kata Amel Hidayatullah, Staf Bagian Beasiswa UIN Jakarta, saat ditemui di Kampus UIN Jakarta, Senin (9/9/2012).

Pengalihan pengelolaan dari Kemdikbud ke Kemenag ini membawa pada proses penerimaan. Penerima Bidik Misi juga khusus untuk calon mahasiswa yang mengikuti tes melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Islam Negeri (SPMB PTIN). Jalur tes ini diadakan oleh perguruan-perguruan tinggi Islam negeri.  Tahun sebelumnya, Bidik Misi terbuka bagi peserta yang mengikuti setiap jalur penerimaan mahasiswa baru.

Adapun, hingga hari ini, SPMB PTIN belum diumumkan hasilnya. Sementara itu, Ketua Bidang Akademik Pusat UIN Jakarta, Marzuki mengatakan, Bidik Misi diberikan khusus untuk mahasiswa yang memenuhi syarat, salah satunya berasal dari keluarga miskin.

Tahun ini, UIN akan menerima 4900 mahasiswa yang terdiri dari 841 orang dari jalur PMDK, 328 orang dari SNMPTN Undangan, 920 orang SNMPTN tertulis, 2.396 orang dari jalur mandiri, dan 415 orang dari SPMB PTIN.  (edukasi.kompas.com)

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s