Climate-Smart Leaders for Sustainable Cities

Climate-smart leaders adalah program yang ditujukan bagi kaum muda (usia 15-24 tahun) yang punya gagasan dan ide kreatif untuk menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan, khususnya masalah perubahan iklim. Program ini diselenggarakan oleh Yayasan Pembangunan Berkelanjutan sebagai ajang bagi kaum muda untuk mewujudkan ide-ide kreatif mereka menjadi aksi nyata sebagai solusi untuk memperbaiki kualitas alam dan kualitas hidup manusia.

Tahun ini, fokus tema yang diangkat adalah kota yang berkelanjutan atau sustainable cities.

Kota, dengan segudang kesempatan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Saat ini diperkirakan jumlah penduduk kota di seluruh dunia meningkat 60 juta orang setiap tahunnya. Diperkirakan, pada pertengahan abad 21 jumlah penduduk kota akan dua kali lebih besar dari sekitar 3,4 milyar orang pada tahun 2009 menjadi 6,4 milyar pada tahun 2050 dan pertumbuhan paling besar akan terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia. Sumber (WHO, Global Helath Observatory).

Di balik kesempatan dan harapan akan hidup yang lebih baik, seperti akses yang lebih baik, kesempatan kerja yang tinggi, hiburan yang beragam, dan daya tarik lainnya, kota menyimpan berbagai permasalahan yang harus segera diatasi; persoalan tata kota, akses air bersih dan sanitasi, pendidikan, kesehatan, kualitas lingkungan, transportasi, gaya hidup, kemiskinan, dll. Terjadinya perubahan iklim yang mempengaruhi semua aspek kehidupan di perkotaan seperti pangan, kesehatan, lingkungan, dll juga harus segera diatasi.

Dibutuhkan ide-ide kreatif dan energi baru yang positif untuk memperbaiki situasi yang sangat rumit ini. Kaum muda, sebagai bagian penting dari kota adalah salah satu aktor kunci yang menentukan ke mana arah pembangunan di perkotaan dan bagaimana pembangunan tersebut dilaksanakan.

Kaum muda, yang enerjik, bersemangat, dan punya kemauan belajar berhak dan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, tidak hanya mewarisi planet ini seperti apa yang diwariskan oleh generasi sebelumnya.

Climate Smart Leaders for Sustainable Cities mengundang kaum muda (usia 15-24 tahun) untuk mengirimkan ide/ gagasan/ produk/ inisiatif yang mampu menjawab tantangan pembangunan bekelanjutan, khususnya masalah perubahan iklim di perkotaan. Silakan unduh formulir pendaftaran disini dan kirimkan paling lambat tanggal 24 September 2012 (cap pos).  Akan dipilih 24 orang finalis untuk mengikuti rangkaian program CSL 2012. Pemenang dari program ini akan mendapatkan hadiah berupa seed fund untuk pengembangan proyek dan Piala Penghargaan emil Salim Bagi Generasi Muda.

Formulir Pendaftaran 2012 PDF Print E-mail

Batas waktu pengiriman formulir adalah 24 September 2012 (cap pos)

KRITERIA PESERTA:

  1. Warga Negara Indonesia berdomisili di wilayah Republik Indonesia, Usia 15 – 24 tahun serta tinggal dan beraktivitas di perkotaan.
  2. Memiliki proyek (dapat berupa produk/ide/gagasan/inisiatif dan lain-lain) yang menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan khususnya perubahan iklim di perkotaan
  3. Berkomitmen mewujudkan dan menyebarluaskan proyek tersebut
  4. Aktif di komunitas (sekolah /kampus/perkumpulan/organisasi kepemudaan/ Bersedia mengikuti rangkaian program CSL secara penuh.

KRITERIA PROYEK:

  1. Proyek belum pernah dan/ atau sedang diikutsertakan dalam program sejenis
  2. Proyek harus mampu menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan, khususnya perubahan iklim di perkotaan
  3. Proyek dapat mencakup satu atau beberapa tema seperti tata kota, air, energi, konstruksi hijau, kemiskinan, pertanian/kebun kota, dll
  4. Proyek harus dapat diterapkan (workable), memiliki dampak positif (impactful), dapat direplikasi lebih luas (replicable).
  5. Proyek dapat diwujudkan melalui pemaksimalan sumber daya yang tersedia (YPB tidak menyediakan dana untuk proses implementasi proyek)

HADIAH PEMENANG KATEGORI I (Usia 15 – 18 tahun)

Juara I :

  • Piala “Penghargaan Emil Salim Bagi Generasi Muda 2012”
  • Dana pengembangan proyek sebesar Rp.6 juta
  • Sertifikat

Juara II :

  • Piala “Climate-Smart Leaders 2012”
  • Dana pengembangan proyek sebesar Rp.5 juta
  • Sertifikat

Juara III :

  • Piala “Climate-Smart Leaders 2012”
  • Dana pengembangan proyek sebesar Rp.4 juta
  • Sertifikat

HADIAH PEMENANG KATEGORI II (Usia 19 – 24 tahun)

Juara I :

  • Piala “Penghargaan Emil Salim Bagi Generasi Muda 2012”
  • Dana pengembangan proyek sebesar Rp.7 juta
  • Sertifikat

Juara II :

  • Piala “Climate-Smart Leaders 2012”
  • Dana pengembangan proyek sebesar Rp.6 juta
  • Sertifikat

Juara III :

  • Piala “Climate-Smart Leaders 2012”
  • Dana pengembangan proyek sebesar Rp.5 juta
  • Sertifikat

Sumber: climatesmartleaders.net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s