Jalur Undangan Jadi SNMPTN, Ujian Tertulis Jadi SBMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 tidak melakukan kegiatan ujian tulis lagi. Akan tetapi basisnya menggunakan nilai raport atau prestasi siswa. Jadi SNMPTN 2013 tak ubahnya Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) pada beberapa tahun lalu.

Sementara Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilakukan 61 PTN dengan ujian tulis.

“Secara teknisnya bagaimana SBMPTN, tim panitia Ad Hoc SNMPTN Pusat baru akan merumuskan pada Januari 2013 mendatang dan akan di-launching pada Februari 2013,” kata Tim Ad Hoc SNMPTN 2013 Mindriany Syafila dalam Sosialisasi SNMPTN 2013 & Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 di Aula Timur Institut Teknologi Bandung (ITB), Jln. Ganesha, Kota Bandung, Kamis (13/12/12).

Dia juga menjelaskan untuk SNMPTN undangan, tidak hanya melihat pada prestasi siswa saja. PTN juga melihat pada prestasi sekolah salah satunya dengan melihat prestasi dari alumni sekolah bersangkutan di PTN. Termaksuk juga seberapa banyak perbandingan jumlah pendaftar dan yang diterima dari sekolah yang bersangkutan.

Untuk SNMPTN ini para siswa harus lulusan tahun 2013 dan siswa harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) antara 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013.

Selanjutnya pada 1 Februari hingga 8 Maret 2013 merupakan proses pendaftaran untuk mengikuti SNMPTN. Proses seleksi akan berlangsung dari 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Pengumuman hasil seleksi akan keluar pada 28 Mei 2013. Selanjutnya pendaftaran ulang yang lulus seleksi dilakukan pada 11-12 Juni 2013.

Selain itu, Mindriany mengemukakan mulai tahun ini bagi siswa yang mengikuti SNMPTN memilih jurusan seni dan olahraga maka mengirimkan portofolio yang menunjukan rincian data keterampilan siswa dalam bidang seni dan olahraga.

“Kalau penilaian lewat raport untuk seni dan olahraga kan yang dipentingkan karya seninya dan kemampuan olahraga tidak sekadar nilainya. Bagaimana guru juga melihat pencapaian siswa maka SNMPTN undangan tidak ada tes. Data yang dikirimkan pun untuk yang memilih seni dan olahraga harus disertai portofolio,” katanya.

Sementara itu Ketua Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran(SMUP) Denie Heriyadi mengatakan siswa yang mengikuti SNMPTN juga dapat mengikuti SBMPTN karena waktunya tidak akan bentrok. Hasil SNMPTN akan lebih dahulu keluar baru kemudian diikuti dengan dimulainya SBMPTN.

Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia mengatakan karena SNMPTN basisnya raport maka diharapkan kedepannya sekolah mengirimkan sejak awal data siswa ke PDSS. Penilaian secara menyeluruh akan dilaksanakan di PTN masing-masing dengan menggunakan kriteria penilaian umum yang disepakati dan kriteria khusus masing-masing dari setiap PTN. (PR)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s