ITS Gratiskan Biaya Ujian Masuk

Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) gratiskan biaya ujian masuk perguruan tinggi pada siswa bernilai ujian nasional tinggi. Sistem penerimaan mahasiswa baru untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2013 mendatang kembali mengalami perubahan. Kali ini, terdapat tiga jalur penerimaan, yakni melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta jalur Mandiri.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini, sistem yang diterapkan lebih terintegrasi dan mempertimbangkan hasil Ujian Nasional (UN) SMA dari masing-masing peserta.

“Seleksi atau kegiatan apapun yang berada dalam payung nasional harus dibiayai oleh pemerintah, sehingga harus digratiskan,” terang Tim Humas panitia pusat SNMPTN 2013, Ismaini Zain, Sabtu (15/12).

Kepala Badan Akademik ITS ini menjelaskan, selain digratiskan, SNMPTN tahun 2013 juga tidak mempertimbangkan atau mengelompokkan kuota peserta SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolahnya. Sehingga, sekolah manapun dan dengan akreditasi apapun dapat mengikuti jalur SNMPTN ini.

“Seluruh rangkaian SNMPTN ini juga akan dilaksanakan setelah keluar pengumuman hasil UN SMA,” tutur dosen jurusan Statistika ITS ini.

Tim ITS sendiri membawahi empat wilayah, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan. ITS akan menyosialisasikan ke sekitar 387 sekolah di keempat wilayah tersebut.

Tahun sebelumnya, terdapat dua macam jalur, yakni SNMPTN jalur Undangan dan SNMPTN jalur Tertulis. Namun, SNMPTN tahun 2013 adalah seleksi dengan menggunakan rapor sekolah yang dulunya disebut sebagai jalur undangan. Semuanya berdasarkan hasil evaluasi rapor siswa sejak semester satu sampai semester lima, serta prestasi lain yang mendukung.

Sumber: republika.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s