Sumber Alternatif Beasiswa

Seiring makin mahalnya biaya pendidikan, kompetisi dalam program beasiswa pun kian ketat. Sementara itu, jumlah beasiswa yang diberikan lembaga donor makin menyusut.
Kita tahu, banyak program beasiswa ditawarkan lembaga pendonor terkemuka atau pemerintah negara tertentu. Tetapi, kemungkinan kita diterima dalam program beasiswa raksasa seperti itu bisa dibilang sangat kecil, mengingat banyaknya pelamar. Meski kecil kemungkinan, bukan berarti kita tidak perlu melamar untuk beasiswa ini.

Nah, yang sering luput dari perhatian adalah, selain beasiswa kelas kakap yang membuka pendaftaran setiap tahun, ada banyak sumber beasiswa yang memberi lebih banyak kesempatan bagi kita. Jadi, kita harus menjadi pekerja yang gigih dalam mencari semua kesempatan beasiswa dan mengambil keuntungan dari berbagai lowongan beasiswa ini.

Supaya enggak bingung, simak daftar sumber beasiswa yang bisa kita ulik seperti disitat dari Surviving College, Rabu (19/12/2012) ini.

1. Kantor urusan beasiswa di kampus 

Banyak kampus memiliki kantor khusus di divisi penerimaan yang memberikan bantuan finansial dan membantu para mahasiswa melamar sebanyak mungkin lowongan beasiswa. Tetapi tidak banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini padahal para pegawai divisi ini adalah mereka yang memahami betul urusan bantuan finansial dan seluk beluk beasiswa.

Jadi, pastikan untuk sesekali mampir ke kantor urusan beasiswa di kampus dan berbicara dengan petugas di sana tentang pencarian beasiswa. Departemen ini juga biasanya memiliki catatan tentang beasiswa apa saja yang sedang membuka pendaftaran dan kapan deadlinenya.

2. Organisasi 

Banyak organisasi di kampus yang bisa jadi merupakan bagian dari organisasi berskala lebih besar. Dan banyak dari organisasi ini yang juga memberikan beasiswa kepada pada anggotanya. Kita biasanya harus menulis laporan atau berpartisipasi dalam berbagai event organisasi tersebut agar dipertimbangkan sebagai kandidat penerima beasiswa. Selain itu, sering kali organisasi ini menawarkan beberapa jenis beasiswa seperti beasiswa sebagian, setengah, hingga beasiswa penuh.

Sekarang, lakukan riset kecil-kecilan tentang keberadaan organisasi sejenis ini di kampus dan lihatlah kesempatan beasiswa yang mereka tawarkan. Bahkan jika organisasi tersebut tidak menawarkan beasiswa, beberapa kampus mungkin akan menawarkan program beasiswa internal jika melihat keaktifan kita di suatu organisasi.

3. Organisasi intrakampus 

Organisasi jenis ini memang bervariasi pada tiap kampus. Tetapi, beberapa kampus ada yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang aktif di berbagai organisasi milik kampus seperti surat kabar kampus atau paduan suara mahasiswa. Cari tahu, ya, siapa tahu kita beruntung.

4. Magang dibayar di kampus 

Sekali lagi, kesempatan ini bervariasi di tiap kampus. Meski demikian, beberapa kampus menerima mahasiswa untuk magang dan mengerjakan berbagai pekerjaan di lingkungan kampus. Tidak hanya mendapatkan bayaran, pihak kampus bisa jadi menawari kita beasiswa juga.

Misalnya, banyak kampus di luar negeri menawarkan pekerjaan sebagai asisten asrama. Selain gaji yang akan kita terima, meski jumlahnya tidaklah besar, bisa jadi kampus akan memberikan sedikit beasiswa bersamaan gaji itu.

Begitu juga dengan pekerjaan magang. Meski demikian, kita enggak seharusnya selalu mengharapkan setiap pekerjaan dan magang menjadi tiket mendapatkan beasiswa.

Sering kali, para mahasiswa tidak melamar ke berbagai kesempatan beasiswa yang memenuhi kualifikasi mereka adalah karena mereka tidak tahu kemana mencarinya. Semoga beberapa sumber yang diulas di sini dapat menjadi jalan pembuka pencarian beasiswa. Dan teruslah mencari beasiswa yang tepat untuk kita serta waspada terhadap penipuan beasiswa.

Sumber: kampus.okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s