Tips Liburan di Tahun Baru

Mengingat bahwa penghujung tahun 2012 sudah hampir dekat sudah terlihat berbagai persiapan yang mulai dipersiapkan lengkap dengan pernak – pernik tahun baru mulai ramai dipasarkan baik di toko- toko maupun pinggir jalan. Hiasan tahun baru juga mulai terlihat di mall, mall, pusat keramaian, dan hiburan. Libur natal yang disambung dengan libur tahun baru menjadi momen long weekend yang tidak ingin dilewatkan oleh setiap orang. Setiap libur panjang selalu dimanfaatkan untuk berkumpul atau picnik dengan keluarga, teman – teman dan juga orang terdekat kita. Demi kelancaran long weekend agar tidak ada kendala teknis maka kebanyakan masyarakat telah memesan tiket alat transportasi yang akan digunakan serta tempat menginap jauh- jauh hari sebelum libur tiba, hal itu dilakukan karena menginngat sulitnya mendapatkan tiket di saat high mounth liburan tahun baru.

Banyaknya orang yang ingin menikmati liburan yang berbeda dan mengunjungi tempat yang belum pernah mereka kunjungi membuat jumlah pengendara di jalan raya meningkat tiga kali lipat dari hari biasanya. Tahun baru masih beberapa hari saja kemacetan sudah mulai terasa terutama di jalan- jalan utama kota besar di Indonesia dan jalan menuju obyek wisata favorit yang tak pernah sepi pengunjung seperti puncak. Kemacetan di sebabkan karena harga tiket transportasi yang digunakan biasanya meningkat dua kali lipat dari harga biasanya dan sering kali kehabisan serta harus membeli dari calo yang harganya bisa menjadi selangit, selain itu kenyamanan dan ke efisienan menggunakan kendarakan pribadi juga membuat masyarakat lebih memilih menggunakan alat transportasi pribadi dibandingkan transpirtasi umum.

Agar liburan anda terasa nyaman dan menyenangkan saya akan berbagi tips bagaiman acara memanfaatkan liburan anda secara efektif dan nyaman.

  1. Tentukan tujuan wisata sesuai dengan keadaan keuangan anda hal tersebut bertujuan agar anda bisa memaksimalkan liburan anda dengan dana yang cukup longgar sehingga anda tidak mengalami kecemasaan soal budget anda ketika liburan. Diskusikan dengan kluarga tempat yang akan dikunjungi, anda juga bisa melihat banyak tempat wisata melalui internet sebagai refrensi kunjungan.
  2. Pilih paket liburan yang ditawarkan melalui website traveling melalui internet, karena harganya bisa lebih murah daripada anda melakukan liburan sendiri. Keuntungan menggunakan paket anda tidak perlu khawatir dan binggung tentang objek mana saja yang akan anda kunjungi dan tempat penginapan karena sudah diatur oleh panitia tour anda.
  3. Pesan tiket alat transportasi yang akan digunakan serta hotel untuk menginap jauh- jauh hari sebelum liburan tiba.
  4. Hindari memilih jota wisata atau tempat yang langganan macet seperti puncak, duffan, malioborro dan tempat- tempat wisata terkenal lainnya. Pilihlah tempat yang jauh dari keramaian namun tetap indah dan mengesankan seperti di daerah pedesaan di dieng dsb.
  5. Buatlah ceklist barang bawaan anda sebelum berangkat hal tersebut berguna agar tidak ada barang yang tertinggal, mulailah dari barang – barang terpenting seperti kartu atm, identitas diri carger ponsel atau camera dll. Jangan membawa barang terlalu banyak dan berlebihan karena akan merepotkan anda ketika harus memindah – mindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain,
  6. Pastikan anda dan keluarga berada pada kondisi sehat dan bugar karena jika pada saat liburan ada salah satu anggota keluarga yang sakit maka liburan satu keluarga akan menjadi tidak menyenangkan.
  7. Bawa selalu perlengkapan P3K untuk mengantisipasi dan mendapat pertolonangan pertama ketika ada sedikit gangguan kesehatan kecil seperti mual, pusing dan masuk angin.

Nah dengan tips diatas anda bisa lebih mengatur liburan tahun baru anda esok secara lebih matang dan terencana agar tidak terjadi hal- hal kecil yang akan merusak suasana liburan anda. (Sumber: wisata.kompasiana.com)

——-

Forum Batasa juga suka ngadain Tahun Baru-an bareng lho.. 🙂 Ikutan Yuk…!! Berminat Silahkan mendaftar di Kantor Pusat Batasa: Jl. Pluto Utara No.1 Margahayu Raya Kota Bandung, 40286. Phone: (022) 7504797 – 085 223 668 829

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s