Jumlah PTN di Jawa Barat akan Ditambah

Jawa Barat tahun ini akan menambah tiga perguruan tinggi negeri, yaitu Unsil (Tasik), Unswagati (Cirebon), dan Unsika (Karawang). Unsil diharapkan akan dapat menyerap lulusan SMA di kawsaan Priangan Timur, Unswagati di kawasan Pantaai Utara (Pantura), dan Unsika dapat menyerap lulusan SMA untuk kawasan Karawang, Bekasi, Depok, dll.

Gubernur Jawa Barat H. Ahmaad Heryawan menyampaikan hal itu pada acara “Unpad Nyaah ka Jabar”, di Gedung Bundar Rektora Unpad, Jatinangor, Kamis (10/1/2013). Hadir pada kesempatan itu Rektor Unpad Ganjar Kurnia, Budayawan Uu Rukmana, dan sejumlah kepala daerah kab./kota se-Jawa Barat.

Gubernur mengatakan, angka partisipasi (AP) masyarakat Jawa Barat masuk perguruan tinggi (PT) hanya berada di posisi 11.2% dari jumlah AP masyarakat Jabar yang seharusnya masuk PT. Sedangkan jumlah penduduk Jawa Barat saat ini mencapai 44.9 juta. “Jadi memang sangat kecil masyarakat Jawa Barat yang dapat masuk perguruan tinggi, apalagi bila dibandingkan dengan jumlah penduduk, persentasenya lebih kecil lagi,” kata gubernur.

Penambahan jumlah PTN ini, ujar gubernur, merupakan upaua menyeimbankan jumlah penduduk dengan kesempatan mendapatkan kesempatan masuk perguruan tinggi. Selain mem-PTN-kan perguruan tinggi swasta yang ada, pemprov Jabar juga mendukung PTN yang mempunyai komitmen dalam meningkatkan kualitas SDM Jawa Barat seperi yang dilakukan Unpad dengan program “Unpad Nyaah ka Jabar”.

Program seperti ini, menurut gubernur, harus diikuti oleh PTN lain yang ada di Jawa Barat seperti ITB, IPB, UPI, dan UIN. Pada kesempatan itu, gubernur juga menyetahkan banuan beasiswa tahun 2013 kepada Unpad. (PR)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s