Tahun Ajaran Baru 2013 SMA di Jawa Barat Gratis

Dana pendamping Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pendidikan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (APBD) Jawa Barat (Jabar) perubahan 2012. Artinya, pada tahun ajaran baru 2013, pendidikan SMA berlaku gratis.Jumlah dana pendamping dari APBD ini belum dapat dipastikan jumlahnya karena pemerintah akan menunggu lebih dulu besaran dana dari APBN.

“SMA akan mulai gratis tahun ajaran baru ini. Kalau di pusat rencananya Rp 1 juta per siswa SMA. Kita belum tahu pasti berapa dari pusat nanti kita lihat dulu lalu kekurangannya akan ditanggung dari provinsi. Semuanya siswa akan dapat, tidak hanya yang tidak mampu. Pusat akan bantu besar-besar, pemprov akan tetap mendampingi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Wahyudin Zakarsyi di Kota Bandung, Kamis (9/1/2013).

Wahyudin mengatakan program ini disebut pendidikan menengah univesal, sehingga berlaku untuk semua siswa. Setelah sebelumnya siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang gratis, Wahyudin mengatakan sekarang pemerintah ingin meningkat ke SMA. (PR)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s