Kampus Paling Berbahaya di AS (Bagian I)

Ketika memutuskan melanjutkan kuliah di negeri orang, banyak hal yang perlu kita persiapkan. Salah satunya adalah faktor keamanan di negara tersebut serta lokasi di sekitar kampus.  Sebab, tidak dimungkiri berbagai insiden maupun tindak kejahatan pun terjadi di sejumlah kampus mancanegara. Business Insider membuat daftar pemeringkatan mengenai kampus paling berbahaya di Amerika Serikat (AS) berdasarkan laporan FBI atas statistik kejahatan di kampus selama tiga tahun terakhir.

Metodologi yang digunakan dalam membuat pemeringkatan kampus paling berbahaya ialah dengan merata-rata data kejahatan FBI per kapita dari 2008 hingga 2011 di kampus yang memiliki pendaftar lebih dari 10 ribu mahasiswa. Perguruan tinggi yang masuk dalam peringkat tersebut merupakan hasil dari kombinasi peringkat tindak kekerasan dan kejahatan properti (4:1).

Tindak kekerasan yang dimaksud meliputi pembunuhan/pembunuhan yang disengaja, pemerkosaan, perampokan dan penganiayaan. Sementara kejahatan properti meliputi memasuki rumah orang lain tanpa izin, pencurian, pencurian kendaraan bermotor, dan pembakaran.

Berdasarkan data tersebut, berikut 25 kampus di AS dengan tingkat kejahatan paling tinggi. Demikian, seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (12/1/2013).

1. University of California
University of California merupakan kampus dengan tindak kejahatan paling tinggi, baik kejahatan kekerasan maupun kejahatan properti. Rerata tindak kejahatan kekerasan per tahun di kampus dengan populasi mahasiswa 38.157 itu mencapai 49 kasus. Sementara aksi kejahatan properti berjumlah 921 insiden per tahun.

Meskipun secara umum pada 2011 tindak kejahatan menurun, tingkat kejahatan di kampus tersebut masih cukup mengerikan. Pada tahun itu tercatat 12 kasus perkosaan, 11 kasus perampokan, 17 kasus penganiayaan, 195 kasus pembobolan rumah, 625 kasus pencurian, 18 kasus pencurian kendaraan bermotor, dan tiga insiden pembakaran.

Direktur Media Relation University of California, Los Angeles (UCLA) Phil Hampton memberikan pernyataan atas pemeringkatan tersebut. Dia menyatakan, keselamatan merupakan prioritas di UCLA dan merasa bangga atas catatan di kampus mereka.

“Polisi UCLA menerima laporan kejahatan yang tidak hanya dialami pemilik dan pengelola properti universitas baik di kampus maupun di luar kampus tapi juga kejahatan yang terjadi di luar area kampus di mana Polisi UCLA memiliki yuridiksi bersama lembaga penegak hukum lainnya. Mahasiswa kami merasa aman. Menyimpulkan UCLA sebagai kampus yang berbahaya adalah kecerobohan dalam memahami data yang ada,” ujar Hampton.
 
2. University of California, Berkeley
Rata-rata tindak kejahatan kekerasan di kampus dengan populasi 35.833 mahasiswa itu sebesar 38 kasus. Sedangkan kejahatan properti mencapai 915 kasus. Pada 2011, kasus kejahatan kekerasan di UC Berkeley memang menurun menjadi 32. Namun, kejahatan properti di kampus tersebut pada tahun yang sama meningkat hingga menembus angka 1.011 kasus.

3. Duke University
Jumlah rata-rata kejahatan properti di kampus yang berlokasi di Durham, North Carolina itu cukup tinggi, yakni 753 kasus per tahun. Sementara kasus kekerasan kejahatan di kampus dengan jumlah populasi sebanyak 15.016 mahasiswa itu berjumlah 14 per tahun. Pada 2011, kondisi kampus relatif aman dengan sembilan kasus kejahatan kekerasan dan 660 insiden kejahatan properti.
 
4. Florida A&M University
Rerata tindak kejahatan kekerasan di kampus dengan jumlah total mahasiswa 13.284 adalah 15 kasus per tahun. Sedangkan kejahatan properti di kampus itu tiap tahun berjumlah 292 insiden. Pada 2011, kejahatan properti di kampus ini relatif rendah, yakni 11 kasus pembobolan rumah, 220 pencurian, 12 pencurian kendaraan bermotor, dan satu kasus pembakaran.
 
5. Vanderbilt University
Kampus yang berlokasi di Nasville, Tennessee ini menempati urutan kelima dengan jumlah rerata kejahatan kekerasan sebanyak 11 kasus dan kejahatan properti sejumlah 555 kasus per tahun. Pada 2011, terdapat 535 kasus pencurian yang mengkhawatirkan di antara kejahatan properti lain yang terjadi di kampus tersebut.

6. San Diego State University
Pada 2011, tingkat kejahatan kekerasan di universitas tersebut terbilang rendah, yakni lima kasus perkosaan, tiga perampokan, dan lima penganiayaan. Secara keseluruhan, kampus dengan populasi 29.187 mahasiswa itu memiliki catatan kejahatan kekerasan per tahun sebanyak 27 kasus. Sementara kejahatan properti sebesar 575 kasus per tahun.

7. University of New Mexico
2011 merupakan tahun dengan aksi kejahatan kekerasan paling ekstrim di kampus berpopulasi 28.688 mahasiswa itu. Tercatat dua kasus perkosaan, empat perampokan, dan 30 insiden penganiayaan pada tahun lalu. Secara keseluruhan, angka kejahatan kekerasan di kampus tersebut mencapai 24 kasus per tahun. Sementara kejahatan properti mencapai 659 kasus. (kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s