Kampus Paling Berbahaya di AS (Bagian II-Habis)

Perkuliahan sudah cukup berat tanpa harus dibebani dengan perasaan tidak aman berada di kampus. Apalagi jika kampus tersebut berada jauh dari rumah dan orang-orang terdekat. Kita harus mampu menjaga diri dari berbagai ancaman kejahatan yang ada.
Beberapa kampus Amerika Serikat (AS) masuk dalam pemeringkatan kampus berbahaya di AS versi Business Insider. Penilaian ini dilakukan berdasarkan laporan FBI atas statistik kejahatan di kampus selama tiga tahun terakhir.

Metodologi yang digunakan dalam membuat pemeringkatan kampus paling berbahaya ialah dengan merata-rata data kejahatan FBI per kapita dari 2008 hingga 2011 di kampus yang memiliki pendaftar lebih dari 10 ribu mahasiswa. Perguruan tinggi yang masuk dalam peringkat tersebut merupakan hasil dari kombinasi peringkat tindak kekerasan dan kejahatan properti (4:1).

Tindak kekerasan yang dimaksud meliputi pembunuhan/pembunuhan yang disengaja, pemerkosaan, perampokan dan penganiayaan. Sementara kejahatan properti meliputi memasuki rumah orang lain tanpa izin, pencurian, pencurian kendaraan bermotor, dan pembakaran.

Berdasarkan data tersebut, berikut 25 kampus di AS dengan tingkat kejahatan paling tinggi. Demikian, seperti dikutip Sabtu (12/1/2013).
 
8. University of South Alabama
Di antara berbagai insiden kejahatan kekerasan yang terjadi di University of South Alabama pada 2011, kampus ini melaporkan satu orang tewas akibat pembunuhan dan dua orang mengalami kasus perkosaan paksa. Secara keseluruhan, kampus dengan jumlah mahasiswa sebanyak 14.776 itu, mengalami 14 insiden kejahatan kekerasan dan 238 kasus kejahatan properti.
 
9. Louisiana State University
Kampus dengan populasi mahasiswa sebanyak 29.451 itu memiliki rata-rata insiden kejahatan kekerasan per tahun sejumlah 26 dan kejahatan properti sebesar 474 kasus. Pada 2011, kampus ini menghadapi 22 kasus perampokan yang sangat mengkhawatirkan di antara kejahatan kekerasan lainnya.

10. Georgia Institute of Technology
2011 menjadi tahun yang sangat penuh kekerasan di kampus ini. Tercatat empat kasus perkosaan paksa, 11 perampokan, dan lima penganiayaan. Pada kampus dengan populasi mahasiswa 20.720 itu, rata-rata tindak kejahatan kekerasan per tahun mencapai 15 kasus sementara kejahatan properti berjumlah 592.

11. Ball State University
Sama seperti Georgia Institute of Technology, 2011 juga menjadi tahun paling berbahaya bagi civitas academica Ball State University. Sebab, tercatat sebanyak 26 tindak kejahatan kekerasan dan 376 kejahatan properti yang terjadi di kampus itu. Secara keseluruhan, kampus dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 22.083 itu mengalami rata-rata 19 kasus kejahatan kekerasan dan 353 kasus kejahatan properti per tahun.

12. Indiana State University
Pada 2011, terjadi 236 kasus pencurian yang mengkhawatirkan di antara tindak kejahatan properti lainnya di kampus tersebut. Secara keseluruhan, tindak kejahatan kekerasan di kampus dengan jumlah total mahasiswa 11.494 orang itu adalah sembilan kasus per tahun. Sedangkan kasus kejahatan properti berjumlah 214.
 
13. University of Cincinnati (UC)
Terdapat sebanyak 32.283 mahasiswa pada kampus yang berlokasi di Ohio itu. Meski angka tindak kejahatan kekerasan di UC mengalami penurunan, yakni 49 pada 2010 menjadi 19 pada 2011, secara keseluruhan tindak kejahatan kekerasan dan kejahatan properti di kampus tersebut masih sangat buruk. Rerata tindak kejahatan kekerasan di kampus tersebut setiap tahun berjumlah 23 sementara untuk tindak kejahatan properti mencapai 558 per tahun.
 
14. Southern Illinois University
Mahasiswa yang ada di universitas tersebut berjumlah 20.037 orang dengan angka tindak kejahatan sebanyak 16 kasus per tahun. Sementara kejatahan properti di wilayah kampus mencapai 291. Pada 2011, tiga dari tindak kekerasan yang ada di kampus tersebut berupa tindakan pemerkosaan.

15. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
Populasi mahasiswa di kampus teknik ternama itu mencapai 10.566 orang dengan angka tindak kejahatan sebanyak delapan kasus per tahun. Sementara untuk aksi kejahatan properti per tahun di MIT berjumlah 321. Pada 2011, insiden kejahatan properti di MIT meningkat sebanyak 382.

Sumber: kampus.okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s