Waduh Uang Bulanan Telat Datang,..? Ini Tipsnya | Buat Anak Kost Only

Menunggu kiriman uang bulanan dari orang tua adalah pekerjaan setiap bulan mahasiswa rantau. Apalagi, mahasiswa itu tidak mempunyai penghasilan lain dan hanya mengandalkan kiriman orang tua. Namun, seringkali uang bulanan itu datang telat. Sementara uang di kantong tinggal pas-pasan.

Ada baiknya kamu mengikuti langkah berikut ini, agar dapat bertahan hidup.

1.       Memadatkan waktu makan

Bila pola makan ideal adalah tiga kali sehari, yakni pagi, siang dan sore. Sebaiknya kamu mengurangi pola tersebut. Bila uang  hanya cukup untuk makan dua kali dalam sehari, maka kamu dapat menggabung sarapan dan makan siang menjadi satu. Waktunya adalah sekitar pukul sepuluh pagi.

Kemudian bila uang yang kamu miliki cukup untuk satu kali makan, maka kamu harus menggabungkan ketiga waktu makan itu menjadi satu, yakni pada pukul 4 sore.

2.       Menjadi vegetarian

Sayur adalah menu yang paling murah di warung makan. Bahkan, sayur di beberapa warung disajikan gratis. Agar murah, sebaiknya kamu hanya makan sayur-sayuran. Selain hemat, sayur juga bagus untuk kesehatan. Selain itu, vegetarian juga telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang.

3.       Ngebon makan kepada pemilik warung

Ngebon makan alias berhutang bisa kamu lakukan kepada pada warung makan. Biasanya warung akan memberikan hutang makan kepada orang yang sudah menjadi pelanggannya. Untuk mengantisipasi itu, ada baiknya kamu memiliki langganan warung makan. Dengan menjadi pelanggan, kamu akan kenal dengan pemilik  warung dan dipercaya untuk ngebon.

4.       Berhutang pada teman

Hidup di negeri orang memang harus banyak teman. Temanlah yang bisa diandalkan bila dalam keadaan sakit dan tidak punya uang. Bila uang sudah habis pinjamlah uang kepada teman.

5.       Menggadai atau menjual barang

Teman juga tak selalu memiliki uang, kadang dia pun bernasib sama dengan kamu. Yang bisa kamu lakukan adalah menggadai atau menjual barang berharga yang kamu miliki.

Sebagai anak kos, sepertinya perlu memiliki koleksi barang berharga seperti televisi, handphone, dan sebagainya. Atau memiliki barang-barang bermerk seperti jam tangan, sepatu, tas, dan sebagainya. Bila dalam keadaan kepepet, barang-barang itu bisa digadaikan atau dijual.

 6. Bekerja part time

Bila hal di atas tidak ingin terjadi, sebaiknya kamu mencari uang tambahan yang tidak menyita waktu kuliah. Uang tambahan itu dapat diperoleh dengan bekerja part time, seperti menjadi penulis lepas, membuka lapak dagangan online, dan sebagainya. (kabarkampus.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s