Tips Lulus SNMPTN 2013

Ujian Nasional sudah di depan mata… Selain mempersiapkan UN, pasti kalian juga sudah mulai mempersiapkan untuk menuju ke tahap berikutnya yaitu SNMPTN. Persaingan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu sangat ketat karena secara umum PTNtetap menjadi pilihan utama sebagian besar lulusan SLTA/SMU jika dikaitkan dengan pertimbangan kualitas dan biaya.

Oleh karena itu, agar dapat masuk ke PTN pilihanmu maka kamu harus dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menembus SNMPTN antara lain :

1.  Minat

Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Jika kamu sudah memiliki minat yang besar pada sesuatu, misalnya minat untuk masuk jurusan Teknik Mesin, maka kamu pasti akan mempunyai kemantapan hati yang tinggi untuk mencapai keinginan tersebut. Oleh karena itu, niatkan dan mantapkan hatimu untuk meraih impianmu tersebut.

2. Penguasaan Materi

Untuk dapat mengerjakan soal-soal SNMPTN, tidak ada jalan lain kecuali harus menguasai materi/konsep dengan sebaik-baiknya. Hindari belajar terlalu keras sehari sebelum ujian dimulai. Persiapkan diri untuk belajar jauh hari sebelumnya agar ketika ujian, otak kamu akan lebih fresh.Berlatihlah untuk mengerjakan soal-soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Biasanya soal SNMPTN bersifat standard an sering kali berulang.

 Buatlah target yang jelas pada setiap periode waktu untuk tiap-tiap mata pelajaran. Karena begitu banyak materi pelajaran yang harus kalian pelajari, maka kamu harus bisa memahami konsep-konsep dari setiap mata pelajaran tersebut ecara sistematis. Kemudian ukurlah sejauh mana kemampuan yang sudah kamu miliki. Untuk mengtahui seberapa besar kemampuan yang kamu miliki, kamu dapat mengikuti try-out secara berkala atau melakukan simulasi di rumah. Setelah megetahui nilai yang dapat dicapai, barulah tentukan jurusan dan PTN yang kamu anggap paling tepat.

3. Persiapan Teknis

a.  Jangan lupa untuk survei tempat SNMPTN minimal 2 hari sebelumnya. Pada saat hari ujiannya kalau bisa datangjangan terlalu pagi atau terlambat. Kalau terlalu pagi kamu akan bosan menunggu, kalau dating terlambat akan tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan soal karena terburu-buru waktu dan bahkan kamu tidak akan diijinkan untuk mengikuti ujian. Waktu optimalnya kira-kira 15 menit sebelum masuk.

b.  Persiapkan kartu ujian, alat tulis seperti pensil 2B (jangan lupa bawa cadangan) penghapus, rautan, pulpen, dan papan ujian (untuk mengantisipasi jika ruang ujian tidak tersedia meja yang memadai.

c.  Pilihlah kursi atau tempat duduk yang nyaman untuk mengerjkan ujian. Pertahankan posisi duduk tegak dan rileks jangan terlalu tegang.

d.  Isi formulir dengan tepat dan hati-hati. Tidak boleh kotor, basah, terlipat atau lecek. Karena formulir SNMPTN akan dibaca oleh komputer sehingga hal-hal tersebut sangat berpengaruh.

e.  Kerjakan soal yang kamu anggap paling mudah terlebih dahulu, baru meningkat ke yang sedang kemudian yang sulit, sisakan waktu minimal 15 menit untuk memindahkan ke lembar jawaban. Jika ada soal-soal yang terlalu sulit, jangan memaksakan diri untuk mengerjakannya, segera pindah untuk mengerjakan soal-soal yang lebih mudah, itu akan lebih baik. Jangan memberikan jawaban asal-asalan lebih baik memberikan kosong dari pada memberikan jawaban yang spekulatif.

f.   Jangan terburu-buru untuk meninggalkan ruangan setelah menjawab semua soal-soal ujian, periksa kembali jawabanmu. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa, dan tanda baca (jika terdapat soal essai). Untuk jawaban matematika, periksa kembali bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan decimal). (Dari berbagai sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s