Biaya MAsuk UI | Mulai 2013, Masuk UI Bebas Uang Pangkal

Sudah beberapa hari ini timeline saya dipenuhi dengan informasi mengenai dihapuskannya Uang Pangkal pada penerimaan mahasiswa baru UI tahun ini. Setelah kroscek sumber kesana kemari, akhirnya saya menemukan dua buah sumber terpercaya. Satu berasal dari Humas UI, dan yang satu lagi berasal dari Twitter MWA UI Unsur Mahasiswa di @mwauium.

Menurut kedua sumber tersebut, ternyata memang benar bahwa mulai tahun ini (baca: penerimaan tahun 2013), mahasiswa baru yang diterima di UI, khusus untuk Program Pendidikan S1 Reguler, tidak akan dikenai Uang Pangkal. Jadi, nanti mahasiswa baru Program Sarjana Reguler yang diterima hanya akan dikenakan Biaya Operasional Pendidikan – Berkeadilan (BOP-B) saja, yaitu maksimal Rp 5.000.000,00/semester untuk rumpun ilmu-ilmu Sosial – Humaniora, dan maksimal Rp 7.500.000,00/semester untuk rumpun ilmu Kesehatan – Sains – Teknologi (kalau tidak ada perubahan).

Berikut adalah publikasinya.

13588737611800185909

(Brosur PMB UI 2013, Sumber : http://humas.ui.ac.id/sites/default/files/Brosur_PMB_UI2013-rev15jan.pdf)

 

Dalam keterangan seperti yang tertera pada potongan brosur di atas, Uang Pangkal dibayarkan oleh pemerintah melalui BOPTN. “Khusus untuk Program Sarjana Reguler mulai tahun 2013 Bebas Uang Pangkal. Uang pangkal dibayarkan pemerintah melalui BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri). UI memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia dengan membebankan biaya operasional pendidikan Program Sarjana Regulerdisesuaikan dengan kemampuan finansial orangtua/wali (BOP-Berkeadilan)”, demikian yang tertera pada potongan brosur di atas.

Semoga kebijakan baru ini bisa bermanfaat, terutama untuk adik-adik SMA yang tadinya takut masuk UI karena masalah finansial.

Semoga PTN lainnya melakukan langkah serupa, sehingga kesempatan untuk mengenyam bangku pendidikan tinggi khususnya bagi mereka dengan finansial lemah akan semakin terbuka lebar.

Jakarta, 23 Januari 2013.

Sumber: edukasi.kompasiana.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s