Penjurusan di Kelas X SMA/Sederajat, Guru BK SMP Berperan Penting

Kurikulum 2013 mendatang akan mengubah penjurusan di jenjang sekolah menengah atas (SMA) menjadi peminatan pada kelas X. Oleh karena itu, guru bimbingan konseling (BK) di SMP memiliki peran penting. Guru BK SMPN 5 Bandung, Retno Setianingsih mengatakan dengan peminatan di kelas X, maka guru BK di SMP perlu memberikan bimbingan karier kepada siswa kelas IX sejak memasuki semester pertama. Biasanya, bimbingan karier diberikan pada siswa kelas IX pada semester kedua mengenai wacana siswa hendak memilih SMK atau SMA dengan memperkenalkan beberapa sekolah.

“Kalau begini maka bimbingan karier akan diberikan lebih awal di semester satu. Kalau sebelumnya penjurusan di kelas XI dan XII SMA maka guru BK SMA lebih banyak berperan. Akan tetapi dengan penjurusan di kelas X maka guru BK SMP juga berperan tidak hanya mengarahkan untuk melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK tapi juga mengarahkan peminatan siswa untuk yang melanjutkan ke jenjang SMA,” kata Retno di Kota Bandung, Minggu (20/1/2013).

Untuk menghindari adanya stigma masyarakat yang menilai jurusan IPA lebih tinggi dari IPS, dalam bimbingan kariernya, Retno tidak pernah memberikan wacana seperti itu. IPA tidaklah lebih tinggi dari IPS maupun Bahasa. Meskipun begitu memang banyak siswa dari sekolahnya yang lebih banyak memilih jurusan IPA di SMA. (PR)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s