Jalur Masuk Universitas Indonesia Tahun 2013

Tahun Akademik 2013 Universitas Indonesia kembali mengadakan Penerimaan Mahasiswa Baru untuk lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat. Seperti tahun sebelumnya, pola penerimaan terbagi dalam jalur Undangan dan Ujian Tulis. Dalam setiap jalur masuk, terdapat perbedaan program studi dan program pendidikan yang dibuka.

– Jalur Undangan/Seleksi Raport

A. SNMPTN merupakan jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik. Seleksi tidak berupa ujian tulis, melainkan berupa seleksi nilai raport. Program pendidikan yang dibuka untuk jalur ini adalah S1 Reguler. Siswa yang dapat diajukan untuk mengikuti program ini adalah peserta UN 2013. Informasi SNMPTN dapat diperoleh di laman resmi http://snmptn.ac.id

B. PPKB merupakan jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik untuk program pendidikan S1 Paralel dan Vokasi. Hanya sekolah yang mendapatkan undangan dari UI yang dapat merekomendasikan siswanya mendaftar di program ini. Siswa yang dapat direkomendasikan mengikuti program ini adalah siswa yang akan lulus 2013.

C. Talentscouting merupakan jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Hanya sekolah yang mendapatkan undangan dari UI yang dapat merekomendasikan siswanya mendaftar di program ini. Siswa yang dapat direkomendasikan mengikuti program ini adalah siswa yang akan lulus 2013.

– Jalur Tulis

A. SBMPTN adalah kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sebagai pengganti SNMPTN tulis. Program pendidikan yang ditawarkan dalam seleksi ini adalah S1 Reguler. Peserta yang dapat mendaftar program ini adalah lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat Tahun Akademik 2013, 2012, 2011

B. SIMAK UI adalah seleksi terpadu UI untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Dalam 1x ujian, peserta dapat mendaftar di S1, Reguler, S1 Paralel dan Vokasi sekaligus. Sedangkan siswa yang memilih S1 Kelas Internasional, mengikuti ujian dalam waktu yang berbeda. Peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat Tahun Akademik 2013, 2012, 2011 dapat mendaftar di S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi maupun S1 Kelas Internasional. Bagi peserta yang lulus SMA/SMK/MA/Sederajat sebelum Tahun Akademik 2011 (yakni 2010, 2009, 2008 dst.) berkesempatan mendaftar di S1 Paralel, Vokasi dan S1 Kelas Internasional.

Secara singkat informasi awalan ini dapat didownload disini. Informasi jadwal kegiatan, daya tampung, biaya pendaftaran, serta biaya pendidikan akan disampaikan kemudian secara bertahap melalui website UI. (simak.ui.ac.id | Update 1 Februari 2013)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s