UI Buka Prodi Ilmu Ekonomi Islam LHooo untuk S1

Universitas Indonesia (UI) baru saja membuka program studi (prodi) terbaru yakni Ilmu Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi (FE). Prodi tersebut dapat dipilih oleh calon mahasiswa angkatan 2013.

Manajer Humas dan Media Center AA Ayu Ratna Dewi mengatakan, Ilmu Ekonomi Islam memiliki perbedaan yang bersifat paradigmatik dengan ilmu ekonomi konvensional. Prodi tersebut, kata Ayu, berbasis pada religious worldview and vision yang diderivasikan dari Al Qur’an dan hadist. “Baru buka tahun ini, dalam rangka mengisi permintaan industri syariah, banyak permintaan publik yang arahnya basisnya ke Hadist dan Al Quran,” ungkap Ayu kepada Okezone, Sabtu (16/2/2013).

Sosialisasi pembukaan program tersebut disampaikan dalam kegiatan UI Open Days 2013 di Perpustakaan UI. Ayu menambahkan FEUI siap mencetak SDM yang unggul di bidang ekonomi syariah.  “Ada 60 mahasiswa per angkatan yang akan diterima sesuai kuotanya, dua kelas, diterima lewat tiga jalur reguler,” tegasnya.

Mata kuliah yang ditawarkan di antaranya Ushul Fiqh dan Qawa’I’d Fiqhiyyah, Fiqh Riba dan Gharar, Fiqh untuk Ekonomi Bisnis, Sejarah Peradaban dan Pemikiran Ekonomi Islam, Sejarah dan Sistem Ekonomi Indonesia, Pengantar Keuangan dan Perbankan Islam, Metodologi Ekonomi Islam, Mikroekonomi Islam, Makroekonomi Islam, Ekonometrika, Metode Riset Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam, dan lainnya.

“Diharapkan para lulusan mampu mengikuti perkembangan baru dalam bidang ekonomi islam dan ketrampilan dalam bidang keahliannya, mampu melakukan riset terintegrasi antara ilmu ekonomi konvensional dan ilmu ekonomi Islam, mampu memahami dan menjelaskan fenomena ekonomi di masyarakat dengan mempergunakan konsep, teori dan instrumen ilmu ekonomi Islam,” papar Ayu.

Ayu menjelaskan, kebutuhan terbesar terhadap lulusan program S-1 Ilmu Ekonomi Islam datang dari industri keuangan dan perbankan syariah, baik di tingkat nasional maupun internasional. “Riset FEUI 2011 menunjukan bahwa 65 persen pegawai perbankan syariah berpendidikan S-1, 25 persen di antaranya direkrut dari perguruan,” imbuhnya. (kampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s