Merasa Kurang Maksimal Mengerjakan Soal UN | Ini Tipsnya

Ujian Nasional sudah separuhnya kita lalui, namun rata-rata banyak diantara siswa yang merasa kurang pede atas hasil mengerjakan soal ujian dihari-hari sebelumnya. Wahh..wahh..iya gtu gak pede yah.. 😮 Nah jika adik-adik merasakan hal yang demikian alangkah baiknya merefresh kembali semangatnya dan ikutin beberapa tips lanjutan persembahan dari Bimbel Batasa.

Tips ini sangat membantu untuk tetap mempertahankan semangat UNnya dihari kedua, ketiga, dan ke empat,. Yang pasti banyak diantara peserta UN tahun-tahun sebelunya yang selalu semangat dihari pertama aja, sementara dihari kedua, dan selanjutnya semangatnya udah mulai turun, akibatnya sering terjadi nilai hasil UN dihari pertama lebih besar ketimbang nilai mata pelajaran dihari kedua. Olehkarena itu, agar hal ini tidak terjadi, kakak uraikan tipsnya ya 🙂

1. Tetap Latihan soal-soal (bukan menghapal materi)

Belajar yang tepat saat menghadapi ujian sebenarnya memperbanyak latihan soal dengan penyelesainnya. Anda tidak perlu menghapal satu persatu materi yang didapat dari awal hingga akhir karena waktu Anda akan terbuang percuma. Terutama jika sedang menghadapi ujian eksakta yang menggunakan rumus-rumus baku. Paling penting adalah mengetahui variasi pola-pola soal dengan sering latihan sehingga Anda mendapat banyak referensi bagaimana menyelesaikan soal dalam ujian.

2. Mengubah pola pikir takut gagal

Dalam ujian hanya ada dua pilihan lulus dan tidak lulus. Tidak lulus ujian disebabkan karena biasanya gagal mengerjakan soal dengan baik. Selain karena tidak belajar dengan baik ternyata juga disebabkan karena pola pikir yang tersetting untuk takut gagal. Ketakutan ini menjadi bumerang bagi kesiapan Anda sehingga saat mengerjakan soal Anda merasa ragu-ragu atau tidak percaya diri dengan jawaban sendiri.

Dengan membuang pikiran negatif bahwa ujian nasional adalah sebuah jembatan kecil dan susah untuk dilewati itu maka Anda akan sukses menghadapi ujian. Ubahlah pola pikir Anda bahwa “Anda bisa melalui ujian dengan baik, bisa mengerjakan soal dengan sempurna”. Dengan begitu, kepercayaan diri akan bangkit secara otomatis.

3. Minta doa restu orang tua dan guru

Berdoa juga sangat diperlukan selain berusaha dan belajar. Tanpa doa rasanya apa yang Anda lakukan kurang maksimal. Berdoalah pada Tuhan  agar Anda diberi semangat untuk menghadapinya, mintalah doa restu orang tua dan guru sehingga saat menghadapi ujian Anda merasa nyaman dan tidak gelisah.

4. Jaga Kesehatan

Jangan sampai saat ujian tiba Anda jatuh sakit. Jauh-jauh hari biasakan pola hidup sehat agar tidak sakit saat ujian. Kondisi sakit walaupun hanya flu dan Anda paksakan untuk menghadapi ujian maka hasilnya tidak maksimal, Anda menjadi susah konsentrasi dan tubuh terasa lemah, otak tak mampu berpikir banyak. Untuk itulah menjaga kesehatan sangat perlu Anda lakukan.

5. Sarapan sebelum Ujian

Sarapan adalah sumber energi untuk melakukan aktivitas, begitu juga dengan otak. Perut kosong dan lapar mempengaruhi daya pikir dan konsentrasi Anda saat mengerjakan soal. Sehingga makanlah barang sedikit agar perut tidak kosong dan tubuh terasa segar.

7. Abaikan rumor negatif saat ujian

Menghadapi ujian banyak sekali orang-orang iseng memanfaatkan ketakutan siswa dengan menyebarkan rumor-rumor negatif. Rumor tersebut selain membuat resah juga membuat Anda tidak konsentrasi saat ujian. Misalnya isu tentang HP akan mati saat masuk gerbang sekolah, banyak pesan masuk ke ponsel berisi kunci jawaban palsu, bahkan rumor bahwa seseorang membeli kunci jawaban ujian dan menyebarkannya di seluruh peserta ujian.

Yakinlah pada kemampuan diri sendiri. Jika Anda sudah merasa mempersiapkan diri dengan baik, pastinya saat menjalani ujian akan berjalan dengan baik dan hasilnya  sesuai dengan keinginan Anda.

8. Kurangi/Hilangkan kesalahan-kesalaha di hari-hari sebelumnya

Jika adik-adik merasa banyak melakukan kesalahan baik teknis maupun non teknis di hari sebelumnya. Maka usahakan tidak terulang kembali, salahsatu caranya yaitu dengan membaca kembali prosedur/pedoman UN, menyiapkan berbagai perlengkapan UN, dan lainnya.

Demikian tips yang kakak sampaikan, semoga bermanfaat buat adik-adik semua. Jika ada yang mau dikonsultasikan silahkan segera hubungi Bimbel Batasa. Smangat ya… Ciatzzzz.. n_n/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s