Belajar Sambil Berpuasa, Siapa Takut…

Sahabat BATASA sebentar lagi bulan Ramadhan, wah selamat menjelang dan mempersiapkan bulan suci Ramadhan yah.. :). Nah berikut ini kakak mau bagi-bagi tips nih seputar belajar dihubungkan dengan aktivitas puasa, khususnya puasa di bulan Ramadhan. puasaBelajar sambil berpuasa sesungguhnya memiliki kenikmatan tersendiri lho. Belajar menjadi lebih fokus dan tidak terganggu oleh makan dan minum. Pengalaman saya menjadi guru, belajar di bulan ramdhan sebenarnya lebih nikmat daripada hari-hari biasa.

Kenikmatan itu bisa dilihat dari interaksi antara guru dan peserta didik. Saya pun menjadi teringat ketika memberikan materi untuk anak-anak di TPA Nurul Quran di Komplek TNI Jatibening Indah Bekasi yang kami kelola.

Bila guru mampu memberikan aktivitas belajar yang menyenangkan, tentu peserta didik akan merasakan suasana belajar yang menantang. Puasa tak akan menjadi kendala. Justru puasa akan menjadi pemicu mereka untuk memacu prestasi tinggi. Hal itulah yang kami lakukan di sekolah Labschool, sehingga suasana ramadhan tetap ceria. Jadi, ramadhan akan ceria dengan belajar sambil berpuasa yang menyenangkan.

Dalam wawancara di radio itu, ada orang tua yang sulit mengajak anaknya untuk mampu berpuasa sampai magrib. Anaknya hanya mampu berpuasa sampai jam 12 siang saja. Hal itu dikatakannya di saat sahur. Itulah problem yang dialami salah satu orang tua yang bertanya kepada saya di radio RRI pro1 FM.

Saya tersenyum mendengar pertanyaan itu, sebab mirip dengan kasus yang dialami anak sendiri. Sebagai orang tua, dan juga berprofesi sebagai guru kita harus mampu memotivasi mereka agar mampu berpuasa sampai waktunya. Dengan begitu kita sudah mendidik mereka agar mampu menjadi orang yang tak pantang menyerah dan mampu menahan rasa haus dan lapar. Ada rasa empati terhadap orang miskin, sehingga mereka mampu merasakan derita si miskin.

Ada beberapa tips untuk para orang tua agar anak-anak kita yang masih bersekolah di TK, dan SD mampu berpuasa sambil belajar, yaitu:

  • Ajaklah mereka untuk memahami tujuan berpuasa. Tujuan berpuasa adalah mencapai derajat takwa, jadi mereka yang sanggup berpuasa adalah orang yang takwa.
  • Letakkan bahan-bahan bacaan di tempat yang mudah dilihat mereka, sehingga mereka lupa akan makan dan minum, karena membaca buku atau majalah telah membuat mereka senang membaca.
  • Buatlah aktivitas belajar yang menarik sesuai dengan apa yang mereka sukai, sehingga terjadi interaksi dua arah yang membuat mereka gembira dan melupakan rasa lapar
  • Belajar tidak harus di dalam kelas, belajar bisa di luar kelas. Ajaklah anak anda jalan-jalan ke toko buku atau menonton film anak-anak. Dengan begitu mereka menemukan sesuatu yang baru. Lalu ajaklah anak untuk berdialog tentang apa yang mereka rasakan.
  • Kegiatan ibadah jelas harus menjadi skala prioritas. Orang tua harus mampu memberikan keteladanan agar kegiatan ibadah seperti baca quran, dan sholat berjamaah mampu dicontohkan oleh para orang tua. Biar bagaimanapun, keteladanan adalah tips yang paling manjur agar anak mampu belajar sambil berpuasa.

Demikianlah sedikit pengalaman saya hari ini. Semoga bermanfaat. Bila ada tips lainnya yang perlu ditambahkan akan dengan senang hati saya terima. Selamat berpuasa, dan raihlah derajat Takwa di bulan ramadhan tahun ini. (wijayalabs.blogdetik.com)

=================

Bimbingan Belajar BATASA menyelenggarakan program Bimbingan Special Ramadhan. Program ini meliputi Program Klasikal dan Les Privat. Dari kesemua program ini kami menawarkan berbagai macam layanan seperti:

  1. Bimbingan Belajar Pelajaran Umum (TK, SD, SMP, SMA)
  2. Bimbingan Belajar Al-Quran (Siswa, Mahasiswa, Umum)
  3. Belajar Kaligrafi, Seni Tilawah Quran/MTQ
  4. Bimbingan Belajar Bahasa Arab dan Inggris
  5. Program lainnya yang bisa diajukan kepada kami sesuai dengan permintaan siswa.

Bagi yang berminat silahkan untuk segera menghubungi Kantor Layanan Kami di Perum Setia Graha, Jl. Setia Graha III No. 35 Bandung. Tlp: (022) 750 7604 – 0857 2005 7019 – 0838 2076 1540. www.bimbel.batasa.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s