Tips Sukses Jadi Anak SMA

Halo adik-adik gimana senengkan kalian lolos masuk SMA, siapa yang gak seneng. Masa-masa SMA adalah masa penuh dengan cerita dan sarat dengan romantika kehidupan yang sangat indah. Setelah seragam putih biru, kini saatnya putih abu-abu. Yup, Juli lalu, jutaan remaja Indonesia resmi menjadi anak SMA. yee.. 🙂

putihabu Tetapi, meski sudah sekira sebulan sejak tahun ajaran baru dimulai Juli lalu, bisa jadi masih banyak siswa baru SMA yang kesulitan menyesuaikan diri. Jangan khawatir, belum terlambat, kok, untuk beradaptasi dan sukses menjalani masa SMA. Coba deh terapkan tips-tips berikut ini.

1. Buat guru terkesan
Sekolah baru saja mulai. Ayo buat guru terkesan dan mengenal kita sebagai murid yang baik. Kesan baik di mata guru akan menjadi bekal kita dalam menjalani “perjuangan” di sekolah. Jangan terlambat, jangan lupa mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dan selalu hormati guru.

2. Jangan menunda
Semakin cepat kita menyelesaikan PR, semakin banyak waktu yang kita miliki untuk mengerjakan banyak hal lainnya, termasuk bermain.

3. Cari teman
Punya teman main banyak untungnya. Kita jadi bisa pergi makan siang bersama, atau sekadar jalan-jalan sepulang sekolah.

Tetapi jangan terlalu eksklusif berteman ya. Buka diri untuk berinteraksi dengan orang di luar gank. Jika seseorang menyapa, jangan jutek dan balaslah sapaannya dengan ramah. Jangan mengacuhkannya hanya karena kita tidak mengenal dia. Siapa tahu, sebuah sapaan sederhana menjadi jalan bagi kita menemukan teman baru.

Sebaliknya, jangan segan dan malas menyapa orang lain terlebih dahulu. Buatlah dirimu dikenal orang lain juga. Demikian dinukil dari WikiHow, Rabu (14/8/2013).

4.  Jaga persahabatan
Setelah mendapatkan teman dekat, jagalah persahabatan tersebut. Sebab, sahabat adalah orang yang akan selalu menemani kita saat suka dan duka. Tetapi, tetap terbuka untuk mencari teman baru, ya!

5. Terima perubahan
Semua orang berubah, begitu juga teman-teman kita. Jangan menutup diri juga terhadap perubahan lingkungan sekolah, para guru, bahkan diri sendiri. Jangan berharap semua akan sama karena perubahan adalah sesuatu yang baik.

6. Belajar
Temukan gaya belajar paling efektif. Misalnya, menggunakan kartu bantuan, menandai bagian penting dalam buku dengan stabilo, membuat grafik dan sebagainya.

7. Ekskul
Gabung dengan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah menyenangkan, lho! Pilihlah kegiatan ekskul yang sesuai minat dan bakatmu. Selain menjadi sarana berekspresi, lagi-lagi, kita akan menemukan banyak teman baru di berbagai klub ekskul.

8. Sarapan dan makan siang
Kedua hal ini sangatlah penting untuk menjaga tubuh dan otak kita tetap mendapatkan energi untuk beraktivitas.

9. Rayakan momen sebagai anak SMA
Enggak ada salahnya menghadiahi diri sendiri dengan sesuatu sebagai penanda kita memasuki masa SMA. Misalnya, ajak teman se-genk jalan-jalan, membeli buku, atau memanjakan diri di salon.

10. Teratur
Menjadi teratur akan sangat membantu kita menghemat waktu dalam berbagai hal. Simpan dan tata buku pelajaran dengan rapi. Jangan lupa catat semua tugas dan deadline yang diberikan guru. Jika perlu, tulislah semua jadwal tugas dan janji temu di kalender atau membuat “to do list” supaya enggak ada pekerjaan yang terlupakan.

Dan yang terpenting, jadi diri sendiri. Masa remaja adalah saatnya kita mengekspresikan diri. Jadi, jangan ragu untuk menjadi diri sendiri dan risau dengan pendapat orang tentang kita. Selain itu, kita dapat menemukan teman sejati dengan tidak berpura-pura menjadi orang lain.

Hal ini juga berlaku untuk berbagai tawaran negatif seperti merokok atau mencoba minuman keras dan narkoba. Jangan segan menolak tawaran seperti itu dari teman. Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan dan jangan mudah terpengaruh. (kampus.okezone.com)

Nah jika kalian merasa minder khususnya dalam hal pelajaran, karena mungkin pas waktu SMPnya nilainya kecil. Jangan khawatir, kami dari Forum BATASA menawarkan pembinaan Les Privat/Kelompok buat adik-adik semua. Kegiatan Les ini akan membimbing adik-adik untuk memahami pelajaran-pelajaran yang sulit agar adik-adik mendapatkan nilai yang bagus.

Nah, informasi seputar les privat ini silahkan untuk mendaftar melalui layanan Tlp/SMS ke: 0857 2005 7019, atau kunjungi situs Bimbel BATASA di www.bimbel.batasa.com

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan untuk dishare melalui facebook, twitter, google plus, SMS, dan perangkat jejaring lainnya ke temen-temen, adik kelas, keluarga, dan lainnya. Salam Pendidikan :) by Forum BATASA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s