Nilai Raportmu Menurun? Ini Tipsnya

sdih 1Tuntas sudah belajar di semester I saatnya mempersiapkan diri menuju semester II. Bagi sebagian temen kita yang nilainya bagus, mungkin memasuki semester II adalah bahan cerita dan menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, bagaimana jika nilai raportmu jeblok/menurun disemester I ini, hem malu bukan..? :”( huftt.

Nah, kali ini Bimbel BATASA mau bagi-bagi strategi agar kamu bisa meraih nilaimu dengan bagus di semester selanjutnya, atau setidaknya bisa memperbaiki nilai raportmu yang jelek di semester ini. Berikut tipsnya:

Langkah 1 : Tentukan tujuan yang jelas

Banyak siswa berpikir bahwa langkah pertama dalam belajar adalah membaca catatan dan buku teks . Saya yakin sebelum kamu melakukannya , hal pertama yg kamu lakukan adalah menetukan tujuan yang jelas tentang hasil yang kamu inginkan . berapa nila A yang kamu harapkan ?

Ini penting karena tujuan yang kamu tetapkan akan menetukan cara kamu belajar dan tentu saja hasilnya ! Apakah jika kamu menentukan nilai 100 dalam matematika , kamu akan belajar dengan cara yang sangat berbeda daripada dengan kamu bertujuan mendapatkan nilai 60 ? Tentu saja ! Ketika kamu bertujuan mendapatkan nilai 100 , otak kamu tahu bahwa tidak boleh ada kesalahan sedikit pun . Dengan demikian Kamu akan mempelajari setiap poin yang berkaitan dengan silabus ! Hasilnya kamu bisa mendapatkan nilai 100 atau paling tidak kamu akan mendapat 90 atau lebih

Langkah 2 : Perencanaan dan Penjadwalan
Kamu dapat menetapkan tujuan luar biasa yang kamu inginkan . Namun Kamu tidak akan dapat mencapainya tanpa perencanaan dan penjadwalan waktu yang akan menuntun kamu untuk mengetahui kapan harus melakukan sesuatu .
Kamu harus belajar bagaimana menciptakan rencana keseluruhan untuk mencapai tujuan dan bagaimana menguasai waktu dengan jadwal .

Langkah 3 : Aksi yang konsisten

Setiap orang dapat menetapkan tujuan serta menyusun rencana dan jadwal. Namun hanya siswa yang mampu melakukan tindakan yang konsisten setiap harilah yang akan mendaptkan hasil yang baik . Kamu harus bisa membaca buku teks , membuat catatan , dan mengulangnya setiap hari .

Sayangnya jika kamu seperti kebanyakan pelajar lain , kamu akan terjebak pada kemalasan dan penundaan setiap waktu . Kadang2 kamu merasa tidak ingin belajar terutama setelah merasa buruk tentang sesuatu . Ketika kamu duduk dan memutuskan akan memulai belajar , tak terasa ujian sudah tiba !

Langkah 4: Segera Perbaiki Nilaimu ke sekolah

Jika nilaimu jelek gara-gara kamu melakukan kesalahan atau belum mengerjakan tugas, maka segeralah minta maaf ke guru dan mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan. Namun jika hal ini tidak bisa dilakukan maka usahakan di semester selanjutnya kamu jangan mengulangi kesalahan yang sama. Tapi biasanya jika kita menyampaikannya baik-baik kesekolah terkait pencapaian nilai yang kita dapatkan, pihak sekolahpun dengan kebijaksanaanya akan mempertimbangkannya sehingga nilai raportmu dikasih nilai yang bagus. 🙂 Selamat mencoba (Dari Berbagai Sumber: batasa.red)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s