Tips Mengajak Anak Kembali ke Sekolah

hpAnda sebagai orang tua pernah merasakan sulitnya mengajak anak kembali ke sekolah setelah liburan panjang, seperti liburan natal dan tahun baru. Sang buah hati malas masuk sekolah mungkin karena keasyikan liburan atau dikarenakan hal lainnya seperti trauma gara-gara hasil belajarnya kurang memuaskan di semester sebelumnya, dan lain-lain.

Yang pasti, masuk “sekolah” menimbulkan rasa senang (excitement) sekaligus kecemasan pada anak. Orangtua disarankan agar cermat menyiapkan anak sebelum “bersekolah” untuk meminimalkan tingkat stress anak. Misalnya dengan mengajaknya berkunjung ke sekolah sebelumnya, bermain peran suasana di sekolah, atau mengajaknya membeli peralatan bekal sekolah.

Kedekatan orang tua–anak dan kepercayaan orang tua terhadap guru, memperlancar proses melepas anak di sekolah. Kedekatan Anda dengan si kecil memudahkan Anda menemukan cara termudah bagi anak beradaptasi dengan lingkungan baru.

Mengirim anak lebih dini ke kelompok bermain, sebelum masuk TK/SD, bisa membantu si kecil mengenal lebih dini lingkungan lain, selain rumah. Dampak positif, anak terbiasa berinteraksi dengan orang lain, tak hanya teman sebaya tetapi juga orang dewasa lain.

Selain itu, Anda bisa mencoba cara–cara ini agar minggu pertama si kecil masuk sekolah lebih mulus :

  • Sisihkan waktu khusus menemani anak di sekolah. Sekolah dengan guru–guru yang baik biasanya mengizinkan orangtua terlibat sebentar di kelas. Jika pekerjaan Anda tak bisa ditinggalkan, usahakan hadir di sesi makan pagi.
  • Bawakan anak sesuatu dari rumah. Misalnya mainan kesayangan atau foto Anda yang dapat membantunya merasa aman.
  • Tak perlu meninggalkan si kecil di sekolah secara paksa apabila ia belum siap. Hindari cara–cara yang menciptakan fobia anak terhadap sekolah.
  • Antar anak ke sekolah di waktu tertentu dengan kakek–nenek maupun kakak atau adik. Jadikan bersekolah pengalaman yang fun.
  • Apabila anak masih sulit berpisah dari orangtua, bicarakan dengan guru untuk menemukan cara efektif membimbing si kecil di minggu–minggu pertamanya.
  • Manfaatkanlah jasa kakak pendaming ke sekolah atau guru les untuk membantu memantau perkembangan akademik anak.

(Berbagai sumber | batasa.red)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s