10 Tips untuk Orangtua: Agar Anak Rajin Mengerjakan PR

pr 2Banyak anak pintar bukan karena tingkat IQ nya tinggi, melainkan karena kebiasaan belajar yang secara teratur baik di sekolah ataupun di rumah. Pertanyaannya sudahkan putra/i anda melakukan kebiasaan belajar yang teratur. Belajar teratur dimulai dengan membiasakan sang buah hati untuk mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan rumah (PR).

Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua agar anaknya rajin mengerjakan PR, Bimbel BATASA dalam hal ini akan berbagi seputar tips agar sang buah hati anda rajin mengerjakan PR. Yuk kita simak 10 tips berikut ini.

1. Tunjukkan perhatian dan minat pada tugas-tugas sekolahnya. Tanyakan mengenai mata ajaran tertentu dan tugas yang musti dikerjakannya.

2. Teladani: pada saat anak Anda mengerjakan PR, JANGAN menonton televisi, main FB, apalagi main games. Sebaliknya, bacalah buku, koran, atau mengerjakan tugas-tugas kantor/bisnis Anda. Dengan Anda ikut membaca, ini akan membantu menciptakan suasana belajar. Lagi pula, ia menjadi tak punya alasan untuk “kabur” ikut menonton. Seberapa pun menariknya acara televisi, Anda juga musti siap untuk “berkorban” dengan sama-sama “belajar.”

3. Ajarkan kepadanya bagaimana mengatur waktu, buku, dan jadwal belajarnya. Pastikan ia memiliki buku tugas. (Jika sekolah tak memiliki buku tugas, buatlah sendiri. Pada beberapa sekolah, orangtua memang harus lebih aktif daripada pihak sekolah.)

4. Singkirkan sebanyak mungkin gangguan sepanjang waktu belajar. Ambil HP-nya (jika Anda member fasilitas HP). Matikan pula HP Anda sendiri. Matikan juga TV, radio, musik, bahkan telepon rumah. Itu sebabnya, TIDAK PERLU memberikan pesawat televisi khusus di kamar belajar anak. Juga jangan letakkan komputer game atau konsol game lain di dalam kamar belajarnya.

5. Susun strategi untuk menyelesaikan PR yang cocok dengan keluarga Anda. Keluarga yang kedua orangtuanya bekerja sampai malam, tentu perlu strategi berbeda dari keluarga yang salah satu orangtuanya cukup lama berada di rumah. Temukan strategi yang tepat, dan kukuhlah pada strategi tersebut. Salah satu sumber anak mulai malas mengerjakan PR sesungguhnya dimulai dari orangtua sendiri: ketika orangtua mulai memberi kelonggaran atau melanggar sendiri “aturan” atau “janji menemani belajar” yang ditetapkannya.

6. Cobalah menghubungkan PR dengan kehidupan sehari-hari anak Anda. Misalnya, pembagian (aritmatika) dan ukuran (cm, kg, liter, dll) dapat dipelajari saat anak-anak membantu Anda menyiapkan makanan.

7. Dorong anak Anda untuk mengerjakan PR pada waktu tertentu secara rutin. Jadwal rutin mengerjakan PR ini, misalnya setiap pk 17.00, akan membantu ia agar tidak mengulur-ulur atau menjawab, “nanti saja…”

8. Temui guru anak Anda untuk membicarakan pendekatan yang tepat untuk tiap aspek pelajaran yang diajarkan di sekolah. Bagaimana ia mengajarkan pemahaman bacaan, ujaran, dll pada mata ajaran Bahasa Inggris misalnya.

9. Pastikan anak Anda memiliki tempat khusus untuk mengerjakan PR (meja belajar) dengan pencahayaan yang cukup, sedikit suara gangguan dan cukup luas. Sangat TIDAK disarankan mengerjakan PR di depan televisi (tak peduli TV tersebut mati). Juga TIDAK disarankan belajar atau mengerjakan PR sambil makan.

10. Pujilah anak Anda setiap kali ia berhasil menyelesaikan PR-nya. Tidak ada yang bisa mengalahkan pujian orangtua dalam membangun rasa percaya diri dan motivasi anak-anak.

Tambahan:

Untuk mempermudah mengarahkan sang anak mengerjakan PR, orang tua bisa memanggil Lembaga Jasa Guru Privat. Misalnya Les Privat BATASA, les privat ini sangat cocok untuk sang buah hati anda yang kesehariannya disibukan dengan PR ataupun tugas sekolah yang lainnya, karena di Les Privat BATASA pembimbing atau guru les akan langsung datang ke rumah siswa. (Dari Berbagai Sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s