Peluang Siswa Daftar PTN Terbuka Lebar

Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai diisi oleh sekolah di seluruh Indonesia sejak 6 Januari lalu. Peluang seluruh siswa mendaftar ke perguruan tinggi negeri pun terbuka lebar.

peluangSiswa SMK Telkom Schools Jakarta, Reynaldo Leoricci M, mengaku dirinya senang bisa mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui PDSS. Masa pendaftarannya pun tidak lama lagi, dirinya kini sudah mempunyai persiapan memilih kampus dan program studi (prodi) yang menjadi pilihannya.

“Ketika pendaftaran SNMPTN 2014 dimulai, pilihan kampus pertama saya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya,” ujarnya saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Siswa kelas XII Tel 3 yang merencanakan memilih jurusan Informasi Teknologi (IT) itu melanjutkan, alasan memilih kampus di ITB itu karena jurusan IT di PTN tersebut dinilainya lebih bagus dibandingkan di Universitas Indonesia (UI). Selain itu, dia juga mempunyai sepupu yang kuliah di bilangan Bandung.

“Seandainya kalau tidak lolos di jalur SNMPTN, cadangan kampus swastanya di Politeknik Informatika Del Sumatera Utara dan Bina Nusantara (Binus) Anggrek dengan jurusan yang sama,” ucapnya.

Siswa yang akrab disapa Rey itu mengaku ingin kuliah dengan memilih jurusan IT karena sudah suka sejak dulu. Sementara siswi SMK Telkom Schools Jakarta lainnya, Hana Nurliani memilih kampus di UI. Berbeda jurusan dengan Rey, Hana lebih memilih jurusan Psikologi.

“Memilih UI sebagai pilihannya karena lokasi lumayan lebih dekat dari rumah dan tidak mau jauh dari orangtua. Pilihan yang lain yaitu Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, karena ada saudara di sana, ada banyak kenalan, ada tante juga yang rumahnya dekat dengan Unpad, jadi bisa numpang,” ungkap siswi kelas XII Tel 4 itu sambil tertawa.

Siswi yang mengaku mendapatkan nilai rata-rata nilai rapor di atas delapan itu memberikan alasannya kuliah di jurusan Psikologi karena ingin menjadi seorang Psikolog. “Saya sekolah di SMK Telkom Schools karena keinginan orangtua. Padahal, setelah lulus SMP, saya ingin sekali melanjutkan SMA, di Telkom Schools bukan passion saya. Kalau SMA itu kan mata pelajarannya ada yang mengarah pada psikologi,” tuturnya. (rfa) (Sumber: ampus.okezone.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s