Periksa Nilai Raportmu Yuk, Sebelum Ikutan SNMPTN

Hayoo semangat, pendaftaran seleksi SNMPTN masih dibuka. Bagi adik-adik yang mau ikutan SNMPTN alangkah baiknya memeriksa dulu nilai raportnya. Banyak pertanyaan yang disampaikan ke BATASA diantaranya “Emang hubungannya apa Kak nilai raport dengan SNMPTN..?”

tips memilih jurusanUntuk menjawab pertanyaan itu, adek coba cek panduan umum SNMPTN nya ya. Di panduan SNMPTN ada poin-poin penting, diantaranya:

Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran

Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2014 yang:

  • mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014,
  • memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS,
  • memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (semester 4 untuk kelas akselerasi) yang telah diisikan pada PDSS.

Penerimaan

Lulus Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2014, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

  • mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor, prestasi-prestasi akademik lainnya, dan hasil ujian nasional,
  • memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah,
  • menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara objektif, adil, dan akuntabel; sehingga daya tampung PTN tidak harus dipenuhi.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:

  • Siswa pelamar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

Pengisian PDSS 6 Januari – 6 Maret 2014
dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
Pendaftaran 17 Februari – 31 Maret 2014
Proses Seleksi 1 April – 26 Mei 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 27 Mei 2014
Pendaftaran Ulang di PTN
masing-masing bagi yang lulus seleksi
17 Juni 2014
bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014

Nah, udah tau kan jawabannya. Yups..yang pasti nilai raportmu akan mempengaruhi sejauh mana peluang lolos tidaknya dalam SNMPTN. Ada beberapa strategi yan bisa adik-adik lakukan agar lolos SNMPTN dihubungkan dengan nilai raport. Langkah-langkahnya:

  1. Periksa nilai raport
  2. Jumlahkan dan ambil rata-rata nilai raport per semester. Cek juga nilai rata-rata raport disesuaikan dengan jurusan yang akan dipilih di SNMPTN nanti. Contoh: Fitri rencana mau milih jurusan Biologi salahsatu PTN. Maka hitung rata-rata nilai biologinya berapa. Kalau sudah dapat rata-ratanya cocokan dengan passing grade (sebetulnya tidak ada aturan baku seputar passing grade) dan cocokan dengan daya tampung. Berdasarkan pengalaman klo nilai raportnya 90-100 maka biologi sangat disarankan diurutan/pilihan pertama dalam memilih jurusan di SNMPTN
  3. Hubungkan juga antara pemilihan jurusan dengan keahlian atau bakat. Bakat atau keahlian ini biasanya ditunjukan dengan sertifikat yang diraih selama sekolah, posisi dan prestasi di keorganisasian/kepanitiaan, dll.

Nah itu baru 20%nya adik-adik strategi dalam memilih jurusan SNMPTN. Kalau mau lebih detail silahkan segera berkonsultasi ke Bimbel BATASA. Bagi yang berminat silahkan untuk menghubungi BATASA melalui Tlp: (022) 9590 0024 – 0857 2005 7019. Layanan 24 Jam: 0857 000000 24

Baca Juga Artikel ini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s