Tips Cara Tunjukkan Perhatian Orang Tua Kepada Anak

Perhatian orang tua kepada anak merupakan salahsatu kewajiban. Namun seiring dengan bertambahnya kesibukan di Kantor, kadang kita sebagai orang tua belum sempat memberikan perhatian lebih. Sobat bunda, kami dari Lembaga Pendidikan BATASA mau bagi-bagi tips seputar cara jitu agar sobat bunda bisa lebih perhatian kepada sang buah hati kita. Berikut penjelasannya yang dikutip dari She Knows sebagai mana dikutip juga dalam detik.com. Semoga bermanfaat.

orang tua dan anak bahagia1. Katakan Kalau Dia Spesial
Memarahi atau mengritik anak memang jauh lebih mudah daripada memberinya pujian. Namun, Anda juga perlu memberitahukan si kecil kalau dia sangat istimewa bagi Anda. Dengan mengutarakannya secara langsung, anak bisa lebih percaya diri dan merasa dicintai. Hal itu baik untuk perkembangan kepribadian anak kedepannya.

2. Beri Kado Spesial
Anda perlu memberikannya hadiah khusus bila si kecil telah melakukan sesuatu yang membanggakan, seperti berhasil memenangkan suatu lomba atau meraih peringkat pertama di sekolahnya. Hadiah khusus bisa berupa membuatkan kue kesukaannya, mengajaknya pergi jalan-jalan, atau membelikan barang yang sedang diinginkan oleh anak Anda. Hadiah tersebut dapat membuat anak merasa spesial.

3. Sediakan Waktu Khusus Hanya untuk Anak
Aktivitas sehari-hari membuat Anda kurang mempunyai waktu untuk si buah hati. Namun, Anda tetap bisa menunjukkan kalau dia begitu spesial dengan menyediakan waktu sehari bersama si kecil. Ajak anak Anda belibur ke kebun binatang, berbelanja, atau ke tempat arena bermain ketika akhir pekan. Berlibur bersama anak bisa membuat dia senang.

4. Berikan Kejutan
Jangan hanya memberikan kejutan kepada pasangan, tapi Anda juga perlu menyiapkan surprise untuk si kecil supaya dia merasa istimewa. Anda dapat memanfaatkan momen tertentu, saat hari ulang tahun atau ketika dia meraih prestasi bagus di sekolahnya. Percayalah, kejutan bisa membuat orang merasa lebih spesial.

5. Ajak Anak Ngobrol Berdua
Jika Anda sering meluangkan waktu untuk mengobrol berdua, si kecil akan merasa Anda begitu perhatian dengannya. Tanyakan seputar minat dan bakat anak. Bila dia senang bermain musik atau menari, ‘masukkan’ dia ke dalam les musik atau bawa anak menonton konser dan seputar kegiatan menari. Selain bisa membuat anak merasa berarti, Anda akan tahu perkembangan bakat mereka secara signifikan.

6. Biarkan Dia Tahu Bahwa Anda Peduli
Biarkan anak tahu bentuk kepedulian Anda, misalnya si kecil jatuh dan terluka, Anda segera mengobatinya dengan lembut dan penuh kasih. Bentuk kepedulian seperti itu bisa bikin anak merasa istimewa.

7. Melakukan Kegiatan Bersama
Mungkin Anda sudah lelah pulang kantor pada malam hari. Namun, sebagai ibu, Anda jangan cepat lelah dalam mengurus anak. Jika ketika pulang, Anda melihat dia sedang sibuk menggambar sesuatu, ikutlah bergabung bersama si kecil. Bantu dia membuat gambar yang menarik dan ajarkan teknik-teknik baru saat menggambar. Hal itu dapat membuat anak merasa senang dan merasa tetap diperhatikan oleh orang tuanya walaupun Anda sibuk.

8. Dengarkan Keluhannya
Setiap orang pasti mempunyai masalah, tidak terkecuali dengan anak Anda. Maka dari itu, dengarkan keluhannya ketika dia ingin bercerita. Dengan mendengarkan keluh kesah si kecil, Anda bisa mengetahui apa yang sedang dia rasakan. Berikan anak solusi terbaik agar dia semakin ‘terbuka’ kedepannya.

9. Belajar Bersama
Setiap anak mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Namun, mereka tidak dapat belajar sendiri tanpa panduan dari Anda sebagai orang tuanya. Dia akan mencontoh apa yang Anda lakukan sehari-hari. Untuk itu, ajak anak dan berikan mereka saran mengenai nilai-nilai positif dalam kehidupan.

10. Beri Anak Kepercayaan
Semakin bertambahnya tahun, anak semakin dewasa. Maka dari itu, beri dia kepercayaan sejak dini supaya dia belajar bertanggungjawab dalam melakukan sesuatu. Jika Anda terlalu cemas dengannya, tidak menutup kemungkinan kalau anak sulit mempertanggungjawabkan tugasnya suatu hari nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s