Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung 2014

Kota bandung merupakan kota dengan kualitas pendidikan yang cukup tinggi. Setiap tahunnya jumlah peminat sekolah dasar ataupun sekolah menengah selalu meningkat. Nah, bagi para orang Tua yang hendak menyekolahkan putra-putrinya di Kota Bandung, kami dari Bimbel BATASA mau menginformasikan seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung 2014. Informasi ini diambil dari beberapa sumber salahsatunya koran Pikiran Rakyat. Berikut informasi selengkapnya.PPDB Kota Bandung 2014

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung 2014 diperkirakan akan menghapuskan sistem kluster. Sistem kluster yang semula membagi sekolah ke dalam empat kluster, kini tidak akan diberlakukan lagi. Calon siswa baru dapat memilih sekolah sesuai keinginan tanpa terikat lagi pada penetapan kluster.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung Elin Sudia Permana kepada media, usai mengikuti bedah buku “Idrus Affandi, Pendidik Pemimpin, Pemimpin Pendidik”, di Gadung Ahmad Sanusi, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jln. Setiabudhi, Bandung, Rabu (2/4/2014).

Dikatakan Elin, rencana PPDB tersebut sudah masuk pada draft empat dengan target minggu depan sudah dibawa audiensi ke wali kota. Rencananya, April ini sudah harus uji publik dan menjadi perwal (peraturan wali kota) sehingga pada Mei nanti sudah mulai disosialisasikan. “Dengan begitu akan ada waktu yang cukup panjang sampai pada proses pelaksanaan PPDB nanti,” ujarnya.

Selain penghapusasn kluster, PPDB 2014 masih akan membuka jalur prestasi (japres). Jalur ini menjadi bagian dari jalur nonakademik yang dibagi dua dengan jalur siswa miskin. Sebab dalam PPDB ditetapkan dua jalur, jalur akademik dan jalur non akademik. Jalur prestasi dan jalur miskin termasuk ke dalam jalur non akademik.

“Ini menunjukkan bahwa pemerintah mencoba mewadahi aspirasi masyarakat miskin yang memang harus dibantu oleh sekolah negeri. Selama ini, siswa miskin berprestasi yang dibantu. Nanti, siswa miskin yang tidak berprestasi pun akan dapat memperoleh kesampatan sama bersekolah di sekolah negeri,” jelasnya.

Untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan dari japres dan jalur miskin, peraturan akan menetapkan dua hal. Pertama, system pendaftaran japres maupun jalur miskin dilakukan secara online sehingga nama-nama siswa yang masuk melalui jalur tersebut dapat diketahui oleh masyarakat. Kedua, peraturan menetapkan adanya dua kategori prestasi, prestasi yang diakui Kemendiknas dan prestasi umum seperti yang dikeluarkan KONI dll.

Dengan adanya ketentuan tersebut, diharapkan akan muncul scoring siswa yang masuk lewat japres dan jalur miskin yang secara terbuka dapat diketahui oleh masyarakat. “Kalau sudah begitu, silakan nanti akan tampak mana siswa yang diterima dan mana yang tidak,” ujarnya.

Menanggapi kemungkinan terjadinya penumpukan jumlah pendaftar di sekolah-sekolah favorit, Elin menggarisbawahi, justru dengan dihapuskannya system kluster ini, mengajak masyarakat terutama siswa dan orangtua bahwa setiap pilihan yang diambil akan berisiko. Dengan demikian, siswa akan mendaftar ke sekolah tertentu dengan mengukur kemampuannya terlebih dahulu.

Untuk penerimaan siswa asal luar kota Bandung, PPDB 2014 masih menetapkan kuota 10 persen. Dengan ketentuan, tidak terikat pada kluster karena penghapusan kluster berlaku pula untuk siswa yang berasal dari luar kota Bandung.

Namun demikian, Elin menggarisbawahi, semua ketentuan PPDB tersebut masih dalam draft 4. Ia berharap, untuk sampai menjadi perwal, draft tersebut tidak akan terlalu banyak yang diubah sehingga pada saat sudah menjadi perwal stakeholder pendidikan tidak melaksanakannya saja. (PR)

======

  1. Passing Grade SMP/MTs Kota Bandung
  2. Passing Grade SMA/MA Kota Bandung
  3. Tips Memilih SMA/MA/SMK
  4. Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS di SMA
  5. Bimbingan Belajar Persiapan Masuk SD, SMP, SMA Favorit

6 responses to “Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung 2014

  1. Keluar kan ppdb 2014 di bandung…

  2. Ping-balik: ppdb kota bandung hasil seleksi 2014 | info pendidikan

  3. Ping-balik: Ppdb kota bandung 2014 hasil seleksi | info pendidikan

  4. Ping-balik: hasil seleksi ppdb sd kota bandung 2014 | info pendidikan

  5. Ping-balik: www ppdb online bandung sd | info pendidikan

  6. Ping-balik: www seleksi siswa kota ppdb kotabandung | info pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s