Perbedaan SBMPTN 2014 dengan SBMPTN 2013

Pola seleksi masuk perguruan tinggi setiap tahunnya selalu ada perbedaan. Perbedaan tersebut tentunya bertujuan agar pola seleksi bisa menghasilkan mahasiswa baru yang berkualitas. Bagi adik-adik yang akan mengikuti SBMPTN 2014 ini, kakak sarankan untuk mengetahui letak perbedaan antara SBMPTN 2013 vs SBMPTN 2014.

Ujian-SBMPTN

Nah kali ini kami dari Bimbel BATASA mau share buat kamu-kamu yang mau ikutan SBMPTN tahun ini, yuk kita simak beberapa perbedaan antara SBMPTN 2014 dengan SBMPTN 2013:

Pertama, Seperti yang sudah disebutkan, SBMPTN pada tahun ini hanya berlangsung 1 hari saja, tepatnya pada hari Selasa, 17 Juni 2014. Artinya para peserta harus lebih mempersiapkan diri, baik materi, fisik dan mental karena akan menghadapi ujian dalam 1 hari. Tes yang akan diujikan pun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada SBMPTN 2013 tesnya ada 3 macam yaitu Tes Potensi Akademik, Tes Kompetensi Dasar Umum (Mat Das, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dan terakhir Tes Kompetensi Bidang (IPA/IPS). Untungnya pada SBMPTN 2014, peserta hanya akan menghadapi 2 macam ujian saja yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Saintek/Soshum. Bagi adik-adik yang mengambil IPC tentu harus menjalani 3 kali ujian dalam sehari yaitu TKPA, TK Saintek dan TK Soshum.
Kedua, jika pada SBMPTN 2013 lalu peserta dapat memilih maksimal 2 PTN dengan 6 prodi, maka pada SBMPTN 2014 para peserta hanya dapat memilih maksimal 2 PTN dengan 3 prodi saja. Mungkin hal ini dimaksudkan agar para peserta dapat lebih fokus dengan hanya memilih maksimal 3 prodi.
Ketiga, karena pelaksanaan SBMPTN hanya dilakukan pada 1 hari saja, maka biaya pendaftaran diturunkan. Jika pada SBMPTN 2013 lalu para peserta diwajibkan membayar biaya sebesar Rp. 175.000 untuk SAINTEK dan SOSHUM serta RP. 200.000 untuk IPC, maka pada SBMPTN 2014 ini para peserta hanya diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000 saja untuk semua bidang/jurusan.
Keempat, alur pendaftaran pun berubah pada SBMPTN 2014 ini. Jika pada SBMPTN 2013 dan tahun-tahun sebelumnya siswa wajib melakukan pembayaran baru mendaftarkan diri, maka pada tahun ini siswa baru melakukan pembayaran setelah sebelumnya mendaftarkan diri melalui situs SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN 2014 akan dibuka mulai tanggal 12 Mei 2014 jam 8.00 hingga 6 Juni 2014 jam 22.00.
 
Perbedaan terakhir, pada komposisi penilaian ujian keterampilan untuk prodi olahraga. Jika tahun lalu bobot ujian tulis dan keterampilan memiliki proporsi yang sama, SBMPTN 2014 memberikan porsi penilaian lebih besar untuk uji keterampilan, yakni 60:40.
Gimana nih, udah tau kan letak persamaan dan perbedaan antara SBMPTN 2013 dan 2014. Perbedaan diatas baru sebagian lho, mau tau letak perbedaan lebih lanjut dan pola seleksinya seperti apa..? Yuk Ikutan aja Bimbel SUKSES SBMPTN Bersama Kakak-kakak BATASA dari ITB, UNPAD, UI, UGM, UPI, dan PTN Favorit lainnya. (Kampus.okezone.com, & dari Berbagai Sumber)
==============
BATASA News:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s