Step by Step SUKSES | Pra, Saat, Pasca SBMPTN

Sudah lama ditunggu-tunggu kini saatnya mendaftar SBMPTN, banyak cara yang bisa dilakukan oleh adik-adik Bimbel BATASA dalam mempersiapkan SBMPTN, salahsatunya melalui 4 tahapan ini.  Ada 4 tips yang sudah kami rangkum buat kamu. Lengkap deh, mulai dari jauh-jauh hari sebelum hari tempur, pas hari tempur, sampai setelahnya. Yuk simak Tipsnya:

Tes-Tertulis-SBMPTN

1. Pra-SBMPTN
SBMPTN memang masih beberapa bulan lagi dari sekarang. Tapi, persiapanmu sebaiknya sudah berjalan dari sekarang. Mulai dari ikut privat, bimbel intensif, belajar kelompok ataupun belajar mandiri. Intinya, pergunakan waktu yang ada untuk memperbanyak pengayaan materi dan juga strategi pemecahan soal. Kondisikan dirimu sesuai dengan porsi waktu saat ujian agar kamu terbiasa mengerjakan soal dengan waktu yang telah ditentukan.

Kamu bisa melihat-lihat soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, dari tahun ke tahun, biasanya model soal yang digunakan cenderung mirip. Semakin banyak kamu berlatih, maka akan semakin terampil pula kamu berhadapan dengan berbagai macam soal. Intinya, kerjakan dulu soal-soalnya, barulah setelah itu pahami teori atau konsepnya. Ingat lo ya, pemahaman bukan hafalan.

Selain berlatih berhadapan dengan soal, tentunya kamu sudah cukup siap untuk mengikuti ujian yang sebenanrya dong? Eh, tapi tunggu dulu, sepertinya kamu masih perlu wadah untuk mengukur sejauh mana penguasaan kamu terhadap soal-soal SBMPTN itu.

Apa wadahnya? Salah satunya adalah dengan ikut try out. Apa manfaatnya? Selain untuk mengetahui sejauh mana kesiapanmu, try out juga membantumu beradaptasi dan membiasakanmu terhadap suasana ujian yang sebenarnya. Jika kamu kesulitan dalam memilih atau mencari kisi-kisi soal, coba kamu langsung tanya aja ke Bimbel BATASA, di Bimbel BATASA kamu juga bisa ikutan Bimbel, Les Privat, Konsultasi Jurusan Kuliah, dan banyak lagi. Yang pasti ketika kamu gabung bersama kakak-kakak BATASA kamu akan mendapatkan Pembinaan yang Intensif deh.

2. H-1 SBMPTN
Sehari sebelum SBMPTN apa yang mesti kamu lakukan? Sebelumnya, pastikan kamu selalu mengikuti perkembangan informasi tentang SBMPTN. Pastikan kamu sudah pula mengantongi jadwal, tempat, dan ruangan di mana kamu harus melakukan ujian.

Penting untuk kamu lakukan adalah mengecek lokasi ujian, termasuk di mana ruangan yang akan kamu tempati untuk ujian nanti. Pastikan juga menghitung jarak tempuh dari tempatmu ke lokasi ujian. Ini sangat penting untuk mengantisipasi agar kamu tidak terlambat datang ke lokasi ujian. Akan sangat mengganggu sekali jika kamu sampai datang terlambat. Selain konsentrasimu terganggu, keterlambatan juga akan mengurangi waktumu dalam mengerjakan soal. Perlu kamu tahu, tidak ada toleransi waktu untuk itu.

Selain mengecek lokasi dan waktu, kamu juga harus memastikan bahwa segala kelengkapan ujian sudah tersedia dan siap untuk digunakan. Misal, kartu ujian, pensil, penghapus, peraut, dan lain sebagainya. Bila perlu, sediakan pensil lebih dari satu agar ketika kamu membutuhkannya bisa langsung menggunakannya. Intinya, buat persiapan sepraktis dan seefisien mungkin. Pastikan semua kelengkapan untuk ujian sudah kamu masukkan ke dalam tas dan tidak mungkin tertinggal.

Persiapan kelengkapan sudah, kini saatnya menyiapkan mental dan fisik kamu untuk menyambut hari tempur yang sudah di depan mata. Tidurlah lebih awal agar kamu bisa bangun lebih awal dengan kondisi yang lebih fresh. Oiya, jangan lupa sebelum tidur berdoa untuk memohon kemudahan dan kelancaran sewaktu ujian. Paginya, juga jangan lupa meminta doa restu kepada orang tua sebelum berangkat ke tempat ujian.

3. Hari Tempur: SBMPTN 2014!
• Datanglah lebih awal ke lokasi ujian.
• Posisikan dudukmu senyaman mungkin, jangan tegang.
• Dengarkan instruksi dari panitia dengan cermat.
• Isilah lembar jawaban yang sudha dibagikan dengan identitas yang benar. Tidak perlu terburu-buru yang penting kamu cermat mengisikannya.
• Sebelum mengerjakan, periksa dahulu kelengkapan dan jumlah soal.
• Baca petunjuk pengerjaan soal dengan cermat, termasuk alokasi waktu yang ditentukan.
• Kerjakanlah soal-soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Bila menemui soal yang sulit, jangan lantas berkutat pada satu soal itu saja hingga berlarut-larut. Tetaplah memperhatikan waktu yang terus berjalan.
• Pada 15 menit terakhir, gunakanlah untuk meneliti kembali jawabanmu. Pastikan seluruh nomor telah kamu jawab. Jangan sampai ada nomor yang kamu kosongi tanpa jawaban.

4. Pasca-SBMPTN
Dua hari penuh perjuangan sudah kamu taklukkan dengan kemampuan terbaikmu. Kini kamu boleh melakukan pembahasan terkait soal-soal yang baru saja kamu lewati bersama temanmu atau bisa juga membuka kunci jawaban SBMPTN 2013. Jangan melakukan pembahasan soal setelah hari pertama ujian. Itu akan membuatmu down. Hari pertama selesai, fokus saja pada hari kedua selanjutnya. Hal lain yang bisa kamu lakukan seraya menunggu hasil ujian adalah berdoa dan berdoa. Kamu sudah melakukan yang terbaik semampumu, kini saatnya kamu menyerahkan segala kuasa pada Tuhan Yang Maha Penentu.

Gimana tipsnya mantap kan, sekarang kamu tambah pede dalam mempersiapkan SBMPTN. Yang pastinya sudah kebayang kan apa saja yang perlu disiapin buat kamu. Yup semoga SBMPTN nya lancar🙂. (kampusnews.com)

=====

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s