Juara Umum OSN 2014 Diraih DKI Jakarta

Bagi siswa Bimbel BATASA yang belum mengetahui Pemenang OSN 2014, yuk kita simak infonya disini. Kontingen DKI Jakarta menjadi juara umum dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Mereka mengantongi 92 medali terdiri dari 25 medali emas, 30 perak dan 37 perunggu.

Les Privat OSN“Kemenangan ini adalah milik para siswa, bukan guru. Kami di sekolah selalu mendorong mereka untuk berprestasi,” kata Ketua Delegasi DKI Jakarta untuk kelompok SMK, Nur Fakih, usai acara penutupan OSN 2014 di Lombok, NTB, Sabtu (6/9/2014).

Kepala SMKN 39 Cempaka Putih, Jakarta,  itu menjelaskan, para siswa yang mengikuti OSN terjaring melalui seleksi ketat dari tingkat sekolah. Kemudian, pada tingkat provinsi mereka mendapatkan pembinaan intensif.

Bahkan, para peserta juga dikarantina selama satu bulan. Para pembimbing juga mendatangkan mentor dari berbagai perguruan tinggi kenamaan di Indonesia. Tidak hanya dibina secara akademik, masa karantina juga membina mental peserta.

“Proses pembinaan karakter seperti menghargai orangtua, selalu berdoa dan tidak pernah lepas komunikasi dengan guru-guru. Jadi mereka tidak hanya mampu mengerjakan soal tapi juga sadar secara sosial,” imbuh Nur Fakih.

Sementara itu, Mendikbud M Nuh dalam sambutannya berharap, para juara OSN dapat menjaga tradisi juara di berbagai ajang olimpiade internasional. Sebab, hampir setiap tahun tim olimpiade sains internasional Indonesia selalu meraih medali di berbagai olimpiade sains dunia.

“Tradisi menjadi juara dan semangat berkompetisi adalah bagian dari nilai-nilai karakter yang penting terus ditanamkan kepada anak-anak kita di antaranya melalui OSN ini,” ujar Nuh.

Selain itu, Nuh juga berharap agar kecintaan siswa terhadap sains dapat terus berkembang. Dengan begitu, stigma bahwa sains itu sulit dan menakutkan bisa hilang.

“Sekolah harus aktif memberi pemahaman sains kepada peserta didik dengan terus meningkatkan kompetensi peserta didik dan secara inovatif menyiasati kekurangan fasilitas yang sering menjadi kendala,” imbuh Nuh. (kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s