Tips Buat Kalian Anak SMA

Adik-adik gak kerasa ya, bulan-bulan kemarin (Juli) kenaikan kelas,  semenjak artikel ini diposting (Awal September 2014) kalian sudah menjalani kelas baru 3 bulanan, berarti sebentar lagi UTS (Ujian Tenga Semester), habis itu UAS, dan nanti akan diakhiri dengan UKK (Ujian Kenaikan Kelas lagi), sementara yang kelas XII lebih dahulu UN.

Bimbel BATASAHem.. klo udah nyeritain kaya ginian pasti kalian deg-degan kan🙂. Nah biar gak degdegan kalian mesti baca deh tips ini. Tips ini disharingkan oleh Bimbel BATASA dari Blog Sahabat kita yang sudah merasakan lika-likunya masa SMA. Berikut Tipsnya:

Pertama,
buat kalian yang sekarang mau naik kelas XI alias kelas 2, aku tekanin jangan asal-asalan dalam memilih penjurusan (IPA atau IPS). Ini serius. Maksud aku gini nih, kalian harus bener-bener pertimbangin segala hal dalam menentukan keputusan mau masuk IPA atau masuk IPS. Biasanya, kebanyakan itu mereka menganggap IPA lebih bagus dari IPS, tapi ini ga selalu bener, aku tekanin lagi, pendapat ini engga selalu bener. Nah, kalian harus pinter-pinter ngeliat potensi yang ada di dalam diri kalian. Bolehlah kalian bikin list gitu di buku catetan atau kertas selembar gitu, tentang keuntungan dan kerugian kalo kalian masuk IPA dan masuk IPS.
Misal ya kalian tulis di bawah kata IPA, kalo kalian masuk IPA kalian punya kemampuan apa di Mata pelajaran IPA, kalian tertarik sama mata pelajaran apa, dan yang terpenting kalian yakinin diri sendiri bisa apa engga ketemu sama pelajaran Exact yang notabene berhubungan sama itung-itungan dan logika kaya Matematika dan Fisika, penalaran dan pemahaman kaya Kimia, dan hal lainnya. Yang lebih penting dan terpenting, disini juga kalian mesti dan harus pertimbangin dan usahain udah bisa nentuin mau kuliah kemana dan ngambil jurusan apa. Maksudnya, perjelas tujuan kalian itu apa.
Kalo masuk IPA, target kalian kuliah mau ke Universitas mana dan jurusan apa, begitupun kalo kalian mau masuk IPS, prospek kerjanya kaya gimana udah mesti kalian pertimbangin baik-baik. Kalian boleh minta arahan dari orang tua kalian dan guru-guru yang bisa kalian ajak sharing. Atau mungkin buat yang punya kakak-kakak yang udah kuliah atau bahkan kerja, bolehlah deketin dan minta arahan ke mereka buat memperjelas tujuan kalian buat ke depannya.
Kenapa aku ngomong kaya gini, aku gamau kalian bernasib sama kaya aku. Cerita aja nih, dulu pas lagi kelas X dan masa transisi mau naik kelas XI, ga ada sama sekali pertimbangan buat aku milih IPA atau IPS. Aku emang lebih suka pelajaran Fisika dan Biologi daripada pelajaran-pelajaran lainnya, tapi aku suka semangat kalo udah belajar Geografi atau Ekonomi. Tapi, pas kelas X dulu aku ikut bimbingan olimpiade Fisika di sekolahku, dan ini yang memperkuat aku buat masuk IPA, karena memang nanti kelas XI aku harus ikut OSN Kabupaten.
Tanpa pikir panjang aku pun lebih memilih IPA. Semua berjalan lancar, ga ada hambatan sama sekali. Masalah nilai, bisa aku tanganin, masalah pelajaran yang masuk otak masih bisa ketampung. Tapi yang jadi masalah adalah hati. Masalah nyari jati diri, aku ngedapetin diri aku ini sebenarnya orang sosial, yang dimana aku ga mau terpaku pada bahasa buku yang semestinya orang IPA kaya gitu, aku lebih seneng bersosialisasi dengan hal-hal yang menyangkut tentang politik, organisasi dan hal lainnya. Emang sih IPA juga bisa, tapi tidak sesantai IPS.
Dan singkat cerita lulus SMA pun aku memilih untuk bisa ikut seleksi masuk kuliah jurusan IPS. Dan efeknya, sekarang-sekarang aku harus bener-bener digeder belajar IPS cuma beberapa minggu, sedangkan aku harus bersaing sama mereka-mereka yang udah belajar IPS selama 2 tahun, dan masih panjanglah perjuanganku. Ini kenapa aku bilang tolong kalian pertimbangin dengan baik-baik jurusan apa yang bakalan kalian pilih.
 
Kedua,  
buat kalian yang sekarang kelas XI dan mau naik ke kelas XII, aku kasih tau, jangan sekali-kali buang-buang waktu kalian buat hal-hal yang ga penting dan membuat kalian kehilangan waktu buat bisa bersama-sama dengan temen-temen sekelas kalian. Serius. Maksud aku disini, bukan cuma maen atau ngelakuin hal-hal yang bikin interest, tapi juga belajar. Sekarang itu waktunya kalian buat engga nyantei-nyanteian.
Kalian harus lebih fokus lagi sama sekolah dan hal-hal yang ada didalamnya. Hindarilah nongkrong-nongkrong ga jelas di pinggir jalan, atau apalah itu. Yang terpenting buat kalian adalah gimana caranya kalian bisa menyerap semua pelajaran kelas XII tanpa keganggu sama hal-hal lainnya. Waktu yang kalian punya buat persiapan UN itu ga selama yang kalian pikir. Bukan setaun full, paling-paling bersihnya cuma 7 atau 8 bulanan, itu juga belum kepotong sama waktu buat UKK dan lainnya.
Intinya, kalian harus bener-bener berjuang habis-habisan buat bisa bertahan sebagai anak kelas XII. Dan lagi sama pentingnya, disini tuh moment-moment paling indah yang pernah aku rasain di masa-masa sekolahku. Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang bikin hati seneng pas aku sama temen-temen sekelas aku udah kaya sodara dan sahabat yang deket banget. Kita pergi kemana-mana bareng-bareng, ngelakuin apa-apa juga bareng-bareng, dan ini tuh exited dan precious bangetlah aku bilang.
Kelas XII itu masa-masa dimana kalian dan temen-temen kalian udah ngerasa deket banget, padahal nyatanya beberapa bulan lagi kalian udah harus pisah sama mereka, ya ga jauh beda lah sama yang aku rasain sekarang. Jadi dari aku buat kalian, mending sekarang sih bersikap yang baik-baik aja, hindari permusuhan dan hal-hal absurd lainnya yang biasa kalian lakuin yang bisa nimbulin perpecahan di antara kalian, ga seru bangetlah kalo kalian pisah tapi nyatanya kalian musuhan. Ga lucu kan. Ya jadi maksud aku, selain fokus belajar dan nentuin bener-bener kalian mau kuliah kemana, kalian juga harus pererat silaturahmi (lebay) sama temen-temen kalian itu, biar kalo pisah ga ada yang perlu disesali dan lainnya.
Ketiga dan paling penting, buat semua
aku tekanin, JANGAN SEKALI-KALI SIA-SIAKAN MASA SMA kalian. Bakalan kalian rasain nanti kalo udah lulus SMA. Walaupun aku baru lulus beberapa minggu bahkan masih itungan hari, tapi udah kerasa banget atmosfer perpisahan yang bikin nyesek di dada (alay), dan kehidupan aku pun berubah drastis (kenyataan). Jadi ya, aku bilang ke kalian, nikmati masa SMA, bagaimanapun caranya, yang terpenting masih dalam lingkup yang positif.
Keep Fighting Guys,
Keep Moving Forward,
SMA itu menyenangkan🙂
Sumber: riyantidandunia.blogspot.com | Gambar: shintacm.blogspot.com
————————–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s