Tips Membuat Jadwal Untuk Si Kecil

Hallo Bunda BATASA, menjelang tengah semester biasanya para bunda mulai disibukan dengan menguntrol aktivitas anak kita yang semakin hari mulai padat. Seperti kegiatan di sekolah, di rumah, dan ditempat lainnya.Jika hal tersebut dirasakan oleh bunda, yuk kita simak tips berikut ini.jadwal anakPernahkah Anda memiliki ide untuk membuatkan si kecil jadwal harian? Entah itu untuk mengatur jadwal belajar, bermain, makan, dan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitasnya sehari-hari? Membuatkan jadwal harian anak akan membantunya untuk meningkatkan disiplin dirinya saat dewasa.

Jadwal untuk si kecil tidak harus terlalu ketat. Pada dasarnya jadwal yang Anda buat harus memuat hal-hal mendasar yang disesuaikan dengan kemampuan dan usianya, untuk membantunya lebih teratur dalam beberapa hal. Anda boleh membuatkan jadwal dengan mendiskusikannya bersama keluarga, termasuk si kecil. Apa pun jenis jadwal yang Anda buat, pastikan jadwal tersebut sesuai dengan kebutuhan kelaurga Anda.

Langkah I
Menurut FamilyDoctor.org, jadwal yang Anda buat harus terlihat jelas di sebuah papan (sebaiknya memang ditulis di papan), jika Anda ingin ia menyadari dan menjalani tugas-tugas itu. Cara ini akan mengajari si kecil tentang mengatur waktu.

Langkah II
Cantumkan jadwal makan dan beberapa jadwal penting lainnya di daftar tugasnya. Ajari juga cara menepati jadwal-jadwalnya. Misalnya jadwal si kecil pergi ke sekolah, jadwal makan pagi, dan jadwal Anda menjemputnya. Lakukan hal yang sama keesokan harinya. Jangan mengubahnya, buatlah jadi rutin.

Langkah III
Lebihkan waktu sekitar 5-10 menit untuk setiap tugasnya. Jika si kecil bangun pada pukul 07.00, dan harus berangkat pukul 08.00 supaya bisa sampai tepat waktu di sekolah, maka Anda harus menyiapkannya untuk bisa berangkat pukul 07.50 setiap pagi untuk mencegah keterlambatan atau hal-hal lain yang bisa membuatnya terlambat.

Langkah ke IV
Lakukan tugas-tugas yang sama saat sore atau malam hari. Misalnya, kapan waktu mandi, atau kegiatan lainnya yang dibutuhkan. Masukkan juga jadwal untuk bermain, waktu menjemputnya, waktu minum susu, waktu belajar, hingga waktu merapikan pakaian untuk ke sekolah. Pastikan juga Anda mengantarnya ke tempat tidur tepat waktu.

Langkah ke V
Konsisten pada jadwal. Mungkin pada awalnya jadwal yang Anda buat tidak berjalan dengan tepat. Namun untuk membiasakannya, lakukan terus sampai Anda dan si kecil bisa menepati jadwal yang sudah dibuat. Buat juga tugas saat liburan, hal ini akan sangat membantu ia terbiasa akan tugas dan tanggung jawab. Bebaskan juga ia dari tugas-tugas di akhir pekan. Anggap saja, dua hari bebas dari tugas sebagai bentuk penghargaan bagi anak-anak karena mereka sudah menepati jadwal-jadwal mereka selama satu minggu itu.

Tips:
* Buat jadwal lebih fleksibel dan juga lebih tepat. Si kecil mungkin butuh waktu untuk berlatih menjalani jadwal tersebut. Saat membuat jadwal, jangan lupa menambahkan waktu bersama keluarga seperti jadwal bertemu kakek-neneknya, berolahraga, makan bersama, dan hal-hal lain dimana seluruh keluarga terlibat di dalamnya.

* Jangan membuat jadwal seperti terkesan sebagai hukuman. Jadwal dibuat untuk membantu mengurangi tekanan di dalam keluarga dan menjalani tugas dengan cara saling membantu.

Sumber: Golda | female.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s