Strategi Sukses UTS

Menjelang UTS alias Ujian Tengah Semester banyak anak sekolah yang galau, hal ini dikarenakan kurangnya persiapan belajar atau ada sebagian materi pelajaran yang belum dipahami. Jika hal tersebut menghinggapi adik-adik, berikut kami sampaikan beberapa tips yang sobat Bimbel BATASA sarankan.

Bimbel UTS, UAS, UN, Sekolah

Dengan strategi yang pas lagi cerdas, ujian membuat kita tancap gas! Raih prestasi papan atas! Oleh karena itu persiapkan diri adik-adik dalam menghadapi UTS, karena persiapan yang baik adalah setengah keberhasilan. Berikut ini adalah tips-tips sukses dalam menghadapi UTS:

1. Pembentukan rasa percaya diri
Rasa percaya diri merupakan sumber energi dan sikap optimis terhadap kemampuan diri sendiri untuk dapat menyelesaikan segala sesuatu dan kemampuan untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian diri pada situasi yang akan dihadapi.

2. Persiapan
Persiapan jangka panjang dimulai sejak awal pelajaran dengan belajar secara terencana, sistematis, teratur dan disiplin. Persiapan jangan pendek dilakukan 1-2 bulan menjelang ujian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu mengetahui acuan pembobotan soal ujian, mengorganisasi waktu belajar, menjaga kebugaran dan kesehatan, dan mengistirahatkan pikiran dari kesibukan belajar.

3. Persiapan berkaitan dengan materi ujian
Beruntunglah mereka yang bersiap-siap. Kapan pun ujian datang, insya Allah ia siap berjabatan tangan. Maklum, seperti teman lama. Ketemuan sama ujian sih oke-oke saja, karena sudah persiapan sebelum jauh-jauh hari. Persiapan berkaitan dengan materi ujian bisa dilakukan dengan cara: membaca, mencatat, dan menghafal materi ujian. Pertama, membaca sangat menguntungkan otak. Bacalah materi yang sudah disampaikan guru, terutama membaca materi yang akan diujikan. Kedua, setelah membaca, bisa juga dilakukan mencatat poin-poin yang penting. Mencatat akan semakin menarik bila ada gambar, bagan, diagram atau yang lainnya. Tahap ketiga adalah menghafal dan pahami materi tersebut agar mudah kita serap.

4. Tahap menjelang ujian
Pada hari pelaksanaan ujian dilaksanakan, beberapa ketentuan yang harus dilakukan antara lain; persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk ujian dengan baik, datang ke ruang ujian 10 menit menjelang ujian, sebelum berangkat dari rumah menuju lokasi ujian, pastikan harus sarapan terlebih dahulu. Sebelum mengerjakan soal ujian jangan lupa untuk berdo’a terlebih dahulu. Kerjakan so’al ujian dengan teliti dan cermat.

*Sumber acuan:
Hendra Surya. 2009. Menjadi Manusia Pembelajar, Jakarta: Elex Media Komputindo.
M. Fatan Ariful Ulum (Fatan Fantastik). 2012. Ujian Sukses Tanpa Stress. Yogyakarta: Book Magz Kelompok Pro-U Media.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s