Deg-degan Memasuki Hari Pertama Kuliah..? Ini Tipsnya

Konon katanya menjadi mahasiswa baru bukan hanya merasa haru dikarenakan kamu sudah diterima di kampus baru dan menjadi mahasiswa, tetapi juga segudang perasaan deg-degan yang selalu menyertai perasaanmu. 

Tips Kuliah

Pengalaman menjadi mahasiswa baru dimulai sejak melewati hari pertama kuliah. Memang, di awal perkuliahan dosen tidak langsung memberikan materi secara lengkap. Tapi, enggak ada salahnya kalau kamu memulai perkuliahan dengan rapi dan terencana.

Dikutip dari Collegemagazine, Senin (31/8/2015), berikut enam cara menghadapi hari pertama kuliah.

1. Utamakan waktu

Masalah klasik di hari pertama kuliah adalah sulitnya mencari ruang kelas. Jadi, berikan ekstra waktu untuk mencari ruang kelas dengan berangkat lebih pagi. Sebab, terlambat di hari pertama masuk kelas akan membuatmu ditandai oleh dosen.

2. Bawa buku catatan dan alat tulis

Di awal perkuliahan, yang kamu butuhkan adalah buku catatan dan alat tulis untuk mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen terkait materi kuliah ataupun silabus.

3. Berpenampilan rapi

Berikan kesan pertama yang baik pada dosen dengan berpenampilan yang rapi. Tidak usah berpenampilan terlalu mencolok yang mengundang perhatian.

4. Duduk di depan

Dengan duduk di depan, kamu akan melihat dan mendengar informasi dari dosen secara lebih jelas. Di hari pertama kuliah, hal tersebut penting untuk merencanakan strategi belajar dan mengenaltipe dosen yang akan kamu hadapi selama satu semester ke depan.

5. Jangan terlalu banyak bertanya

Aktif bertanya di hari pertama akan memberikan kesan yang baik di mata dosen. Namun, jika terlalu banyak bertanya, kamu bisa dianggap mengganggu perkuliahan. Oleh karena itu, tanyakan hal-hal yang memang penting dan seperlunya saja.

6. Tetap santai

Menghadapi awal masa perkuliahan bukan suatu hal yang berat jika kamu mempersiapkan dengan baik. Tidak perlu stres, dan tetap santai. Berkenalanlah dengan banyak orang sehingga kamu akan memiliki jaringan yang luas. (ira) | news.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s