5 Hal yang Harus Anda Terapkan untuk Mendidik Anak

Hallo Bunda, tahukah bahwa anak-anak di usia belia masih belum mengerti dan belum dapat membedakan hal yang baik dan buruk yang mereka lakukan. Pada umumnya anak-anak hanya mengerti bahwa orangtua adalah orang yang bisa mengabulkan segala keinginannya. Anak-anak hanya tahu meminta tanpa mengetahui dampak apa yang bisa ditimbulkan dari keinginannya tersebut. Jika keinginannya tidak dikabulkan, mereka tidak jarang akan merengek atau bahkan meronta agar keinginanya tersebut dapat dikabulkan. Bimbel BATASA Bandung

Memenuhi kebutuhan anak memang merupakan hal penting yang harus Anda lakukan, namun jangan sampai hal tersebut bisa mempersulit anak di kehidupan dewasanya. Sebagai orangtua, Anda merupakan guru pertamanya bagi mereka, baik dalam mendidik anak atau bahkan dalam beberapa pelajaran lainnya sebelum ia benar-benar mengenal dunia luar, bahkan ada beberapa hal yang wajib Anda ajarkan kepada anak sebagai bentuk cara mendidik anak.

Berikut beberapa hal yang harus Anda terapkan untuk mendidik anak:
1. Menjadi jujur

Anda bisa mengajarkan anak untuk menjadi orang yang jujur, dan pastinya hal tersebut bukanlah satu hal yang cukup mudah untuk Anda lakukan. Melatih anak untuk jujur dimulai dengan bersikap kepada diri Anda sendiri. Ingat! Anda jangan pernah berbohong kepada anak dan jangan pernah Anda mendukung setiap kebohongannya tersebut.

2. Membuat bertanggung jawab
Umumnya anak-anak akan sangat suka jika mereka memberikan bantuan atau bahkan dorongan kepada orang lain yang membutuhkannya. Dengan begitu, Anda bisa memulai melibatkan mereka pada sebuah tugas, dan biarkan anak menyelesaikan tugasnya tersebut.

3. Pentingnya disiplin
Disiplin berarti menerapkan batasan tertentu terhadap anak serta mengkoreksi setiap perilaku yang dilakukannya. Dengan begitu Anda sebagai orangtua mampu memperbaiki setiap kesalahan yang diperbuat oleh anak serta mampu membimbingnya dengan cara menetapkan batasan.

4. Mengajari menghormati orang lain
Anak akan melihat bagaimana perilaku Anda dalam kehidupan sehari-hari. Dan cara terbaik untuk mengajari mereka yaitu dengan cara menyiratkan dalam prilaku keseharian Anda.

5. Biarkan mereka tahu bahwa Anda mencintai mereka
Anda harus membiarkan mereka kalau Anda sangat mencintai mereka dalam segi apapun. Karena ini merupakan faktor yang paling penting ketika Anda melatih hal-hal yang baik kepada anak. Semua orangtua pastinya akan menghargai anak-anak mereka, namun untuk mengajari nilai dasar, maka orangtua seharusnya mampu menunjukkan betapa pentingnya mereka dalam keluarga.

Nah, itulah beberapa hal yang seharusnya Anda terapkan kepada anak-anak Anda. Dan setidaknya Anda harus bisa menjaga prilaku Anda di kehidupan sehari-hari, terutama ketika berada di depan anak. Karena apapun yang Anda lakukan dan Anda bicarakan, setidaknya itu akan ditiru oleh anak. Dan apapun yang dilakukan Anda itu merupakan cerminan dari diri Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)
 | kesekolah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s