11 Tips Memulai Semester Baru bagi Pelajar

Semester baru telah tiba, artinya kamu sudah melewati masa liburan. Masa liburan adalah masa di mana mereka bisa merefresh pikiran dan hati agar tidak merasa jenuh dan stress dengan rutinitas yang sangat menjemukan. Kamu bisa melupakan aktivitas sekolah – kuliah dan tugas sejenak untuk meluapkan segala emosi yang terpendam kamu dengan melakukan kegiatan seperti traveling, melukis, membuat novel dan lain-lain.

Semester Baru
Lalu, bagaimana jika liburan telah usai? Kamu harus siap kembali ke kampus dan menerima materi sekolah – kuliah dengan sungguh-sungguh. Mungkin kamu akan merasa lebih bersemangat atau malah sebaliknya. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada kualitas liburan kamu dan semangatmu dalam meraih cita-citamu. Well, tidak ada masalah yang tidak ada solusinya. Kalau kamu meu mencarinya pasti ketemu dech itu solusinya. Ini nih, ada beberapa tips dari Pop Culture’s Top Slackers yang pastinya ampuh. Ayo buruan baca dan terapkan untuk hidupmu!
1. Jangan takut untuk mencoba tampilan baru yang berani
2. Cari cara-cara kreatif untuk tetap berkonsentrasi selama kelas.
3. Jangan merasa stres karena kesalahan-kesalahan kecil. Kesalahan yang akan menuntunmu kepada kebenaran. Jadi gunakan kesalahan tersebut sebagai pelajaran agar tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.
4. Kamu mungkin memiliki bakat yang dianggap aneh (seperti menyanyi lagu jawa/sinden, dan lain sebagainya). Jangan menjadi minder karena itu, gunakanlah bakat itu sebagai kekuatanmu atau menjadi obat ketika kamu merasa jenuh dengan rutinitasmu.
5. Carilah saran jika menemui pertanyaan-pertanyaan yang sulit.
Cara ini akan membuat kamu lebih maksimal dalam mengerjakan tugas-tugas yang kamu dapat. Selain itu, kamu juga akan lebih memahami materi yang kamu anggap sulit.
6. Menguasai cara menghadapi sebuah gangguan. Gangguan dapat berasal dari teman kamu, lingkungan kamu, dan bahkan bisa berasal dari dalam dirimu sendiri. Untuk itu, kamu harus memiliki cara khusus untuk menghadapi gangguan, misalnya mematikan ponsel saat belajar, memutus koneksi internet saat belajar dan menutup pintu kamar.
7. Kamu harus meningkatkan kepercayaan dirimu. Percaya diri merupakan hal yang vital, jika kamu seseorang yang cerdas dan memiliki banyak ide dan gagasan yang bagus tapi kamu tidak memiliki kepercayaan diri untuk mengutarakannya maka hal itu hanya akan menjadi sesuatu yang sia-sia. Namun jika kamu memiliki kepercayaan diri yang besar, kamu bisa mengeskplorasi diri kamu memjadi seseorang yang dikenal public dan itu akan membuat dirimu bangga.
8. Luangkan waktu sejenak setiap pagi untuk merenung dan menginstropeksi diri. Hal ini akan memberikanmu data-data tentang hal-hal yang harus kamu tingkatkan dan hal-hal apa saja yang harus kamu kurangi.
9. Temukan cara alternatif untuk memahami materi pelajaran. Kamu bisa mencoba untuk belajar kelompok dan berdiskusi dengan teman-teman tentang bagaimana mereka memahami suatu materi. Dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak masukan tentang gaya dan teknik belajar yang menyenangkan dan mudah dipahami.
10. Kamu harus ingat bahwa dosen dapat menjadi orang yang layak menjadi tempat berdiskusi tentang kesulitas kamu. Untuk itu, luangkan waktu kamu untuk sekedar bertemu dengan dosen dan menanyakan hal-hal yang belum kamu pahami dengan baik.
11. Dan yang paling penting adalah tetap bersemangat!
Sumber: berkuliah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s