Tips Memperbaiki Cara Belajar di Semester Baru

Memasuki awal tahun, sebagian pelajar yang masih sekolah juga memasuki semester baru. Artinya, perlu ada perubahan ke arah yang lebih baik, terutama dalam hasil belajar.

Belajar

Untuk memperoleh hasil belajar yang baik, dibutuhkan cara belajar yang efektif. Berikut ini beberapa tips memperbaiki cara belajar di semester baru untuk mencapai prestasi yang lebih baik.

1. Hindari menunda

Kebiasaan menunda sering dilakukan oleh pelajar. Baik dalam hal mengerjakan pekerjaan rumah (PR) sampai belajar untuk ulangan. Terlalu banyak menunda pekerjaan akan membuat materi yang harus dipelajari jadi menumpuk. Akibatnya kamu tidak bisa menguasai pelajaran tersebut. Hafalan pun menjadi tak bisa bertahan lama karena kurang memahami isinya.

2. Hilangkan gangguan belajar

Gangguan dari luar sering membuat pelajar teralihkan saat belajar. Contoh sederhananya, ketika belajar sambil menonton TV, tentu konsentrasimu akan terbagi antara belajar dan menonton. Apabila acara TV lebih seru, otomatis kamu memilih untuk meninggalkan belajar. Nah, mulai sekarang, jaga fokus dan konsentrasi dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

3. Buat strategi belajar

Pahami dirimu sendiri. Tentukan waktu yang paling efektif untuk belajar. Strategi belajar yang tepat akan membuatmu mudah memahami suatu materi. Belajar tak perlu lama-lama asalkan berkualitas.

4. Tidur yang cukup

Kurangi bergadang, apalagi untuk hal-hal yang tidak penting. Cukup tidur akan membuatmu fresh di pagi hari. Dengan begitu, saat menerima pelajaran di kelas kamu bisa berkonsentrasi dan fokus tanpa mengalami rasa kantuk.

Sumber: news.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s