Tips Berkomunikasi Secara Efektif dengan Guru dan Kepala Sekolah Anak Anda

Sebagai seorang ibu dari empat orang anak, sangatlah sulit bagi saya untuk mengikuti perkembangan anak saya satu per satu di sekolah. Bila saya tidak berhati-hati, dunia saya yang sudah ruwet dapat saja dengan segera berputar secara tak terkendali. Saya telah menemukan bahwa cara terbaik agar tetap teratur dan mengetahui secara pasti perkembangan anak-anak di sekolah adalah dengan cara sering berkomunikasi dengan guru-guru anak-anak saya.

pendaftaran-siswa-baru-bimbel-batasa-les-privat-batasa-ppdb-kota-bandung-ppdb-online

Untungnya, di dunia modern zaman sekarang, menjaga agar tetap berhubungan dengan para guru sangat mudah dilakukan. Banyak guru yang memberikan alamat mereka kepada seluruh murid dan para orang tua, bahkan beberapa orang menggunakan pesan singkat (SMS) sebagai sarana komunikasi. Kepala sekolahnya pun sering kali dapat dijangkau melalui telepon, dan situs jaringan sekolah.

Meskipun demikian, hanya karena kita memiliki teknologi yang hebat ini, bukan berarti bahwa tidak akan ada masalah. Kadang-kadang para guru menginginkan agar para orang tua lebih sering berinteraksi dengan mereka, dan mengambil peran secara lebih aktif dalam hal sekolah anak mereka. Berikut ini adalah sepuluh saran yang dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dengan para guru serta kepala sekolah anak Anda.

Luangkan waktu

Meskipun Anda sangat sibuk, demi anak Anda, pahamilah betapa pentingnya berbicara dengan para guru dan kepala sekolah mereka. Inilah satu-satunya cara yang dapat diandalkan agar tetap mengetahui bagaimana perkembangan anak Anda.

Pelajarilah cara berkomunikasi yang lebih disukai oleh guru atau kepala sekolah anak Anda

Tanyakan kepada guru anak Anda bagaimana cara yang mereka inginkan untuk dapat dihubungi, apakah melalui telepon, pesan singkat (SMS), atau bahkan melalui blog kelas atau sekolah.

Bermitralah dengan para guru

Sewaktu Anda bekerja sama dengan para guru, anak Anda akan memiliki peluang terbaik untuk berhasil, baik di sekolah maupun di rumah. Berbicaralah dengan para guru, dan bantulah mereka untuk merencanakan metode pendidikan yang bersifat khusus secara individu untuk anak Anda. Kebanyakan guru senang untuk mengikutsertakan orang tua yang tertarik dalam hal perencanaan kegiatan kelas.

Jangan beranggapan bahwa guru mengetahui suatu masalah

Bila anak Anda mempunyai masalah di sekolah, entah itu masalah dengan murid lainnya atau kesulitan dalam hal mengerjakan pekerjaan rumah, janganlah beranggapan begitu saja bahwa gurunya mengetahui tentang masalah itu. Hal serupa juga berlaku bagi kepala sekolah. Beritahukan kepada mereka situasinya agar mereka dapat membantu menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin sudah timbul.

Masa lalu anak Anda adalah penting

Apakah anak Anda banyak bergerak? Apakah dia memiliki kecemasan sosial atau masalah kesehatan? Beritahukanlah kepada para guru masalah apa pun yang mungkin sebelumnya dimiliki anak Anda agar mereka dapat mengakomodasi anak Anda secara lebih baik sebelum timbul masalah.

Hadirilah rapat-rapat di sekolah

Ini adalah kesempatan Anda untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang sekolah anak Anda, khususnya kepala sekolah dan para guru.

Bacalah surat-surat pemberitahuan dari sekolah

Ini adalah cara terbaik untuk tetap terhubung dan mengetahui tentang acara-acara, kegiatan, atau berita. Daftarkanlah diri Anda dalam daftar pemberitahuan sekolah agar Anda tidak terlalu banyak bergantung pada selebaran dan surat-surat.

Hadirilah pertemuan orang tua murid dan guru

Pertemuan ini penting karena di sinilah Anda dapat mengetahui tentang kemajuan serta apa pun masalah anak Anda. Selain itu, jika guru anak Anda melihat bahwa Anda cukup berkomitmen untuk menghadiri pertemuan ini, mereka mungkin akan lebih bersedia bekerja sama dengan Anda dalam masalah khusus yang mungkin timbul.

Ingatlah bahwa para guru adalah profesional

Mereka adalah lulusan perguruan tinggi dan setiap tahun mengikuti pelatihan-pelatihan pendidikan. Jika guru anak Anda memberi Anda nasihat, pertimbangkanlah hal itu dengan serius. Dia bukanlah musuh; para guru menginginkan yang terbaik buat anak Anda. Barangkali sulit untuk memahaminya, akan tetapi kadang-kadang anak-anak menggambarkan guru mereka sebagai sosok yang menyeramkan dalam upaya untuk mempertentangkan Anda dengan mereka. Jika anak Anda memberi tahu Anda sesuatu yang buruk mengenai gurunya, maka bawalah masalah tersebut secara langsung kepada guru terkait untuk menyelesaikannya. Jangan pergi secara langsung kepada kepala sekolah atau kepada dewan sekolah kecuali Anda tidak mempunyai pilihan lain.

Ungkapkanlah rasa terima kasih kepada para guru

Saat segala sesuatunya di kelas berlangsung dengan baik, atau bila Anda menyaksikan perubahan yang posistif dalam diri anak Anda, kirimkanlah tanda penghargaan kepada guru (dan biarkanlah kepala sekolah juga mengetahuinya). Para guru jarang diberi penghargaan atas kerja baik mereka. Sepatah kata ucapan terima kasih dapat memberi pengaruh yang baik.

Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How to effectively communicate with your child’s teacher and principal” karya Haley Miller. (Sumber: keluarga.com)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s