4 Hal yang Perlu Diketahui Seputar Psikotest

Bagi anda yang pernah mengalami proses perekrutan pastinya sudah pernah menjalani tes psikologi yang diberikan oleh pihak perusahaan. Mulai dari pertanyaan pilihan, hitungan dan menggambar semua memiliki arti dan kepentingan yaitu untuk melihat pribadi dan sikap Anda.

Artikel yang berikut ini akan membahas 4 hal yang perlu Anda ketahui seputar tes psikologi saat melamar pekerjaan.

1. Bagian dari proses

Secara keseluruhan proses perekrutan pegawai diawali dengan wawancara, melihat hasil kerja dan diakhiri dengan tes psikologi. Ketiga hal tersebut saling berkaitan dan memiliki fungsi yang saling mendukung. Intinya adalah melihat potensi serta kinerja seorang kandidat tidak bisa hanya dilakukan dalam satu proses saja, ketiga proses tersebut wajib untuk dilakukan.

Mencari tahu tentang kepribadian

Ketika di tahap awal proses wawancara terlebih dahulu dilakukan hal selanjutnya yang dilalui kandidat adalah tes psikologi. Kenapa hal ini dilakukan? Untuk melihat lebih jauh seperti apa kepribadian Anda sebenarnya. Salah satu tes yang diajukan adalah menjawab pertanyaan benar atau salah, salah satu alasan hal ini dilakukan untuk melihat kemampuan kandidat menganalisa dan memperhatikan hal-hal yang terkecil, sementara pertanyaan tersebut bermaksud untuk mengetahui dengan jelas seperti apa kepribadian Anda.

Beberapa pertanyaan ada yang diulang di halaman berikutnya, hal ini bertujuan untuk melihat apakah Anda konsisten dengan pilihan jawaban Anda sebagai seorang profesional dan juga untuk melihat seberapa besar Anda bisa memberikan jawaban yang tidak akurat dengan kepribadian Anda.

Hasil test mempengaruhi pekerjaan

Jika Anda melamar posisi pekerjaan sebagai akuntan, bagian keuangan dan lainnya, ketepatan serta jawaban yang benar dalam hal proses tes psikologi berhitung memiliki pengaruh yang sangat penting. Namun demikian jika Anda melamar di posisi yang kreatif dan terkait, jawaban seputar pertanyaan yang bersifat sosial dan lainnya akan menjadi penentu keberhasilan Anda mendapatkan pekerjaan.

Pertanyaan yang menjebak

Terkadang di beberapa pertanyaan yang banyak jumlahnya ada beberapa pilihan yang bisa menjebak Anda karena terkesan tidak benar dan tidak sesuai dengan Anda. Jawaban ini diberikan untuk melihat sejauh mana Anda bisa bekerja dalam tekanan dan dihadapkan dengan situasi yang tidak menyenangkan, seperti yang diwakilkan oleh pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sumber: news.okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s