Tips Maksimalkan Keinginan Ekplorasi Buah Hati, Ini Caranya

Hallo sobat Bimbel BATASA, kali ini admin mau berbagi tips seputar sang buah hati, tips ini kami share dari laman situs Dream. Rasa penasaran yang begitu tinggi pada anak-anak merupakan ‘modalnya’ untuk menjadi pribadi yang kreatif. Sayangnya, orangtua seringkali menghambat hal tersebut dengan melarang dan mencegahnya bereksplorasi.

Keinginan untuk mengksplorasi si kecil pada lingkungan dan benda yang dilihat, sebenarnya pertanda kalau aspek kognitifnya berkembang dengan baik. Untuk itu orangtua harus mendampingi dan bukan malah selalu melarangnya.

Mungkin muncul ketakutan atau kekhawatiran si kecil bakal terluka atau terjatuh. Namun tumbuhkan rasa percaya pada anak kalau mereka mampu. Terus mendampingi dan mengawasi. Hal ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan anak.

” Kepercayaan diri bunda dalam mendukung si kecil bereksplorasi memiliki peran penting untuk perkembangan kemampuan psikomotorik dan melatih agar lebih percaya diri,” ujar Alvin Wiradarma, Brand Manager Dancow di Plataran Dharmawangsa, Selasa 24 April 2018.

Eksplorasi jadi hal yang sangat penting bagi anak-anak. Tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik tapi juga meningkatkan aspek mentalnya.

” Anak perlu ruang yang aman dan kaya untuk bereksplorasi sesuai dengan usianya. Momen pertamanya dimulai dari apa yang mereka tangkap dengan panca indera. Itu penting untuk kecerdasan dan pembentukan karakter,” tutur Ratih Ibrahim, psikolog anak dan keluarga

Kepercayaan diri orangtua untuk memberikan kebebasan bereksplorasi pada anak, bisa dibangun dengan menyediakan alternatif bermain dan ruang lingkup yang baik untuk anak.

” Para Ibu juga bisa berbagi informasi mengenai parenting dan nutrisi sambil saling menginspirasi dalam suatu forum atau program. Seperti Dancow Inspiring Mom (DIM) yang mengajak orangtua untuk berkata ‘iya boleh’ demi anak yang lebih sehat, berkarakter dan percaya diri,” tutup Alvin.

(parenting.dream.co.id)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s