6 Cara Jitu Meningkatkan Motivasi Belajar Si Kecil

Setelah melewati pertengahan semester biasanya anak kita sudah mulai bosan atau jenuh berangkat ke sekolah atau ke tempat kursus/les, Hal ini sebetulnya wajar-wajar saja Bunda, namun jika kita sebagai orangtua membiarkannya begitu saja nanti akan berdampak pada proses perkembangan dan kelangsungan pendidikan si kecil.

Dalam proses belajar, tak jarang jika si kecil merasa bosan hingga semangat belajarnya pun menurun. Di saat inilah, tugas orang tua untuk mengarahkan lagi betapa pentingnya belajar dengan memberikan motivasi belajar kepada si kecil.

Berikut ini solusi yang bisa Ibu terapkan kepada si kecil untuk memotivasi semangat belajarnya. Ibu bisa bekeja sama dengan si kecil untuk mengubah rasa bosan dan malas belajar menjadi momen yang lebih menyenangkan

1. Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan

Ciptakan suasana baru yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk meningkatkan motivasi belajar si kecil. Misalnya dengan belajar sambil mengonsumsi camilan kesukaannya, mendengarkan musik, diselingi dengan permainan ringan dan sebagainya. Dengan begitu, si kecil akan merasa lebih senang dan semangat dalam belajar.

2. Bantu si kecil saat mengalami kesulitan

Orang tua memang sebaiknya mendampingi si kecil dalam belajar. Namun, banyak orang tua yang justru mengambil jalan pintas dengan mengerjakan tugas sekolah anak. Hal ini justru tidaklah benar, karena secara tidak langsung mengajarkan anak ketergantungan terhadap orang lain dan kurang bertanggung jawab.

Orangtua hanya perlu menjadi teman belajar. Saat si kecil mengalami kesulitan, pecahkan masalah tersebut bersama-sama. Ajarkan anak secara perlahan. Dengan begitu si kecil akan termotivasi untuk memecahkan masalah kesulitannya tersebut.

3. Jelaskan manfaat belajar

Ibu bisa jelaskan kepada si kecil manfaat apa saja yang bisa ia dapatkan dari belajar. Jelaskan kepada si kecil, bahwa tujuan belajar bukanlah hanya untuk sekedar mendapatkan nilai baik di sekolah saja, tetapi juga untuk diterapkan dalam kehidupan keseharian anak. Sehingga anak memiliki minat dan rasa ingin tahu yang tinggi saat belajar di sekolah.

4. Bantu temukan cita-citanya

Tanyakan apa cita-cita si kecil, akan menjadi apa dan pekerjaan apa yang ingin ia lakukan begitu sudah dewasa nanti. Dengan begitu, Ibu bisa mengarahkan si kecil untuk belajar dengan tekun. Jelaskan bahwa belajar adalah satu cara untuk mencapai impian dan cita-cita si kecil.

5. Memberikan hadiah

Cara yang satu ini pasti akan sangat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar si kecil. Hadiah memang paling di sukai oleh anak apalagi jika yang memberikan adalah orang tua. Berikan hadiah ketika si kecil mendapatkan nilai memuaskan dalam sekolahnya. Dengan begitu biasanya si kecil semakin termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh demi mendapatkan hadiah yang lebih menarik lagi.

6. Memberikan hukuman

Selain memberikan hadiah, Ibu juga perlu memberi hukuman kepada si kecil untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Namun, Ibu perlu cermat dan hati-hati dalam memilih hukuman, usahakan hukuman yang di berikan adalah hukuman yang mendidik, karena kalau tidak bisa-bisa motivasi belajar si kecil malah menurun. Misalnya saja, si kecil tidak boleh menonton TV atau mengambil camilan es krim di kulkas jika tidak mengerjakan PR. Dengan hukuman seperti ini, justru si kecil akan termotivasi untuk belajar dan mengerjakan PR agar tidak mendapat hukuman tersebut. Tujuan dari hukuman ini adalah supaya si kecil mau belajar dengan rajin dan meningkatkan kedisiplinan dalam belajar. (sahabatnestle.co.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s