Pentingnya Bagi Orangtua Menemani Anak Bermain

Hallo bunda, dalam kesempatan kali ini BATASA mau berbagi tips seputar anak. Tips ini sangat penting khususnya bagi sahabat ibu muda atau yang super sibuk dan tidak sempat mengajak anak bermain.

Bermain adalah dunia anak-anak. Bermain juga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Segudang manfaat bisa didapatkan: Anak perlu bermain untuk menyalurkan energinya yang besar, bermain membuat anak-anak lebih ceria, dan dengan bermain mereka bisa belajar peran tertentu serta membantu mengendalikan kontrol tubuhnya.

Bermain memang bukan kegiatan serius, harus fun. Meski demikian, lewat bermain anak juga menyerap pengetahuan dan belajar menyelesaikan masalah. Sebetulnya, tanpa atau dengan orang tua, anak tetap bisa bermain. Tapi, jika orang tua mau melibatkan diri dalam permainan anak, ternyata banyak nilai plus didapatkan, baik untuk orang tua sendiri maupun bagi anak.

Dikatakan oleh Linda Acredolo, profesor psikologi di University of California di Davis, bermain membantu anak untuk bereksperiman dan membantu perkembangan emosionalnya. Dan bermain bukan sekedar kegiatan yang membuat anak senang tetapi ada proses belajar yang akan dilakukan anak. Anak belajar memecahkan masalah, membangun keterampilan dan melatih fisik dan mentalnya.

Dampak positif bermain akan semakin terasa, jika orang tua ikut bermain bersama anak. Keuntungannya adalah anak memiliki kemampuan komunikasi dan diplomasiyang baik. Tidak hanya itu, tetapi saat anak bermain dengan orang tua, maka ada kesempatan untuk belajar menumbuhkan empati pada lingkungan, tenggang rasa dan membentuk karakter diri yang positif. Meski, memang tidak bisa dipungkiri kesibukan orang tua sering menjadi kendala. Namun, waktu yang sedikit justru bisa efektif.

Hal lain yang menjadi kendala yaitu, perbedaan cara berpikir sering kali terbentur. Apalagi karakter anak yang mudah bosan dan lebih menyukai permainan yang tidak monoton. Jadi orang tua memang harus kreatif mencari jenis permainan yang menarik dan membuat anak senang. Sebab, jika sesi bermain lebih banyak diisi dengan perdebatan, maka suasana hati anak berubah menjadi negatif. Hal ini akan meninggalkan pengalaman tidak menyenangkan bagi anak. Akibatnya anak enggan berdekatan dengan orang tua.

Tipsnya, buatlah suasana bermain bersama lebih dengan menjadikan orang tua sebagai teman. Hindari untuk terlalu banyak kritik terhadap apa yang dilakukan anak. Ikutilah aturan yang dibuat anak. Buat kegiatan bermain adalah aktivitas yang menggembirakan. Baik bermain di dalam rumah, maupun di luar rumah. Cari tahu juga kegemaran anak sehingga pilihan jenis permainan akan membuat anak senang.

Penting untuk orang tua ingat, berikan perhatian dan fokus pada anak saat bermain. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M | kesekolah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s