Tips Menyambut Tahun Ajaran Baru Bagi Siswa

Memasuki tahun ajaran baru banyak yang harus disiapkan baik oleh siswa atau orangtua siswa, hal ini agar ketika masuk sekolah anak kita bisa melakukan kegiatan belajar dengan baik tanpa ada halangan dan rintangan.

Masa liburan sekolah hampir usai. Para siswa pun akan kembali sibuk dengan rutinitas belajar di sekolah. Memasuki tahun ajaran baru, ternyata banyak hal yang perlu dipersiapkan. Hal ini dikarenakan para siswa harus menyesuaikan diri dengan kelas baru, wali kelas baru, teman-teman baru, buku pelajaran baru, atau pun sekolah baru.

Oleh sebab itu, penting bagi mereka untuk menyiapkan segala peralatan sekolah tersebut. Antusias siswa untuk menyambut tahun ajaran baru dapat dilihat pada raut wajah dan perlengkapan sekolah yang dibawa.

Berikut adalah tiga tips yang perlu dipersiapkan dalam menyambut tahun ajaran baru.

1. Mempersiapkan Perlengkapan Sekolah

 Perlengkapan sekolah meliputi seragam sekolah, tas, sepatu, buku pelajaran, serta alat tulis. Sebaiknya sebelum masuk sekolah, semua perlengkapan tersebut sudah disiapkan. Periksa semua seragam apakah ada yang robek atau ada kancing yang terlepas. Sepatu juga perlu diperhatikan, ukurannya masih pas atau tidak, sol sepatunya sudah menipis atau licin.

Dengan memerhatikan semua perlengkapan tersebut, maka kalian dapat menentukan apa saja yang perlu diganti dan dibelikan yang baru, serta perlengkapan apa saja yang masih dapat digunakan kembali.

2. Mempersiapkan Perlengkapan Sekolah Pendukung

 Setelah semua perlengkapan di atas dipenuhi, selanjutnya kita persiapkan peralatan sekolah lainnya yang dapat membantu dan mendukung kegiatan belajar. Peralatan pendukung lainnya seperti kalkulator, pensil warna, atau buku panduan lain selain buku pelajaran utama yang diberikan sekolah. Meskipun perlengkapan pendukung ini bukan perlengkapan pokok yang wajib ada, perlengkapan tersebut sebaiknya perlu disiapkan. Hal ini dilakukan karena ketika sewaktu-waktu dibutuhkan, kalian tidak perlu repot mencarinya karena sudah mempersiapkannya.

3. Mempersiapkan Fisik dan Mental

Persiapan fisik dan mental juga perlu dalam menyambut tahun ajaran baru. Kondisi fisik harus fit apalagi saat pertama masuk sekolah, karena akan mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran dan informasi penting di awal pembelajaran. Sementara persiapan mental diperlukan agar siswa dapat beradaptasi dengan lingkungan baru, teman baru, guru baru, dan pelajaran baru.

4. Memanfaatkan sisa waktu liburan dengan Les Privat atau Kursus

Jika liburan sudah selesai saatnya anak kita mulai diarahkan untuk fokus ke persiapan sekolah. Orangtua bisa mulai membantu mengecek kekurangan sang anak ketika di kelas atau sekolah sebelumnya. Setelah mengetahui kekurangan maka segeralah mendaftar ketempat les untuk minta bimbingan.

Beberapa tempat les seperti Les Privat Batasa selalu mengadakan bimbingan persiapan sekolah seperti persiapan SD, SMP, SMA, pemantapan bahasa inggris, pemantapan materi pelajaran yang belum dikuasai, dan khusus bagi siswa yang bersekolah di sekolah standar internasional atau sekolah islam terpadu, Les Privat Batasa akan membantu membimbing dalam masa matrikulasi. Oleh karena itu, sangat penting sekali ikut bimbingan persiapan sekolah ini.

Demikian beberapa tips yang dapat dibagikan untuk menyambut tahun ajaran baru 2019/2020. Yuk, para orangtua dan guru ramai-ramai beri semangat siswa memasuki tahun ajaran baru. Belajar, bermain, dan jangan lupa berdoa. Ayo, kembali ke sekolah lagi! 🙂 (penerbitbmedia.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s