10 Strategi Persiapan UAS agar Lancar

Hallo sahabat, dalam kesempatan ini mimin mau berbagi tips seputar UAS agar UAS mu semakin lancar dan mendapatkan nilai bagus.  Akhir tahun jadi momen yang dinanti banyak orang karena bisa liburan bersama keluarga dan teman. Tapi bagi sebagian mahasiswa, akhir tahun mau enggak mau harus dilalui dengan menyelesaikan tumpukan tugas dan belajar untuk ujian.

Kalau kamu juga sedang menghadapi ujian –ujian akhir semester, ya, bukan ujian hidup– enggak perlu khawatir. Karena kumparan mau kasih kamu 10 tips belajar yang dijamin bikin ujian lancar, seperti dilansir Top Universities.
1. Berikan dirimu waktu untuk belajar
Sebenarnya, belajar dengan sistem kebut semalam alias SKS, enggak selalu menguntungkan, lho. Ada baiknya kamu luangkan waktu dua atau satu hari sebelum ujian untuk belajar. Apalagi kalau kamu harus menghadapi dua ujian di hari yang sama, coba prioritaskan mata kuliah mana yang perlu kamu fokuskan.
2. Rapikan meja belajarmu
Buat beberapa orang, suasana bisa sangat mempengaruhi mood ketika belajar. Kalau kamu salah satu di antaranya, coba ciptakan suasana yang mendukung buat belajar. Kamu bisa memulainya dari meja belajarmu. Kalau terlalu berantakan dan buat enggak nyaman, rapikan dulu. Tapi, jangan sampai keasyikan bersih-bersih, ya. Sebab, nanti kamu malah capek dan enggak fokus belajar.
3. Coba belajar lewat gambar
Daripada men-stabilo satu halaman buku, lebih baik kamu tuangkan catatanmu dalam bentuk grafik atau gambar. Selain lebih menarik, belajar lewat gambar juga bisa membantumu memahami dan mengingat materi. Apalagi kalau kamu tipe pembelajar visual banget.
4. Belajar dari ujian sebelumnya
Selain dari catatan, soal ujian sebelumnya juga bisa kamu jadikan acuan untuk belajar, lho. Karena biasanya dosen memberikan soal ujian yang mirip bahkan sama dengan tahun sebelumnya.
5. Jelaskan jawabanmu kepada teman
Salah satu cara untuk memahami materi ialah dengan menjelaskannya kepada orang lain. Kamu bisa, nih, ‘manfaatkan’ adik atau orangtuamu untuk menjelaskan materi ujian kepada mereka. Atau kalau kamu tinggal di tempat indekos, ajak temanmu untuk belajar bersama.
6. Buat kelompok belajar
Belajar secara kelompok bisa mengurangi beban dan membantumu untuk lebih memahami materi. Kamu mungkin punya pertanyaan yang bisa dijawab oleh temanmu, atau sebaliknya. Asal enggak terlalu banyak gosipin senior, belajar kelompok bisa menjadi cara efektif sebelum ujian.
7. Luangkan waktu untuk istirahat sebentar
Supaya otak kamu enggak meledak membaca tumpukan catatan, sebaiknya kamu selingi waktu belajar dengan istirahat sebentar. Sekitar 15 menit sampai 30 menit sudah cukup untuk menyegarkan kembali otakmu. Kamu bisa mendengarkan musik, menonton video, atau jalan kaki sebentar.
8. Jangan kebanyakan makan micin
Apa yang kamu makan ternyata berdampak pada energi dan fokusmu ketika belajar. Jadi, coba ganti telur gulung dan cireng dengan cemilan yang lebih bergizi seperti buah dan sayur. Jangan juga makan terlalu banyak, karena hanya akan membuat kamu cepat mengantuk.
9. Banyak minum air mineral
Selain menjaga makanan, kamu juga perlu memperhatikan apa yang kamu minum. Menjaga stamina tubuh dengan banyak minum air mineral bisa membantu otakmu bekerja maksimal.
10. Rencanakan hari ujian dengan matang
Terakhir, rencanakanlah hari ujian dengan matang. Yap, lihat kembali jadwal ujianmu dan pastikan kamu datang seenggaknya 30 menit sebelum ujian dimulai. Jangan lupa juga membawa kartu ujian, alat tulis, dan perlengkapan pendukung ujian lainnya. Setelah mengikuti 10 tips belajar ini, dijamin kamu bisa melalui ujian dengan lancar! Semangat, ya!
Sumber: kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s