Tips dan Cara Agar Anak Terhindar dari Virus Corona – Covid-19

Banyak pemberitaan baik di media lokal, nasional, dan bahkan media internasional seputar virus corona. Kadang kita sebagai orangtua bingung cara apa yang harus dilakukan untuk anak agar terhindari dari virus yang sangat berbahaya ini. Dalam artikel ini admin mau berbagi tips dari kompas kepada pembaca seputar pencegahan dini virus corona bagi anak khususnya di lingkungan Bimbel Batasa.

Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerbitkan Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV).

Melansir dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut ini yang harus diketahui para orangtua untuk menjaga kesehatan keluarganya terutama yang memiliki anak sekolah. Tentu agar terhindar dari virus corona.
Sebab, virus corona diketahui menular melalui tetesan air liur atau ludah pada saat orang batuk atau bersin. Virus dari liur itu kemudian terisap oleh orang sekitarnya.
Jika sudah terinfeksi virus corona, maka gejala seseorang tertular biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelah terpapar. Gejala Untuk gejala umumnya antara lain: Demam Batuk Pilek Sesak napas
Jika terjadi pada orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah dapat menyebabkan Pneumonia atau infeksi paru-paru, Sindrom pernapasan akut, Gagal ginjal, Hingga menyebabkan kematian.
Upaya antisipasi
Secara umum, rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah: Mencuci tangan secara teratur, Menerapkan etika batuk dan bersin, Memasak daging dan telur sampai matang, Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.
Bagi para orangtua terutama yang memiliki anak sekolah, maka harus menerapkan hal-hal ini di dalam keluarga:
  1. Melakukan kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serta setelah memegang instalasi publik.
  2. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80 persen.
  3. Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan tisu, atau sisi dalam lengan atas. Tisu yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya.
  4. Ketika memiliki gejala saluran napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan.
jika Anda dan keluarga sedang melakukan perjalanan, maka langkah yang harus dilakukan antara lain:
  • Hindari kontak dengan hewan, baik hidup maupun yang mati.
  • Hindari mengonsumsi produk hewan mentah atau setengah matang.
  • Hindari mengunjungi pasar basah, peternakan atau pasar hewan.
  • Hindari kontak dekat dengan pasien yang memiliki gejala infeksi saluran.
  • Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan.
Jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika di perjalanan, terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan. Setelah kembali dari perjalanan, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu dokter riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan.

Semoga tips di atas bermanfaat agar kita selalu terhindar dari berbagai jenis penyakit khususnya virus corona yang sedang melanda.

Sumber: Albertus Adit | kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s