Bina Religi

Latar Belakang

Seorang muslim yang beriman kepada Allah dan hari kiamat tentunya memiliki keyakinan bahwa setiap letupan hati, ucapan lisan dan perbuatannya akan ditanya oleh Allah SWT di yaumil hisab nanti. Karenanya ia akan melakukan setiap perbuatan sesuai dengan hukum syara’, termasuk di dalamnya aktivitas mengemban dakwah.

Dakwah adalah kewajiban asasi bagi setiap muslim yang harus senantiasa ditegakkan syi’arnya, dimantapkan keberadaannya, dan ditata gerak kelembagaannya. Aktualisasi dakwah bagi setiap muslim akan menentukan identitas dan kualitas keislaman seorang muslim.

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran [3] : 104)

Dalam tatanan pembinaan masyarakat terutama Mahasiswa,dakwah menjadi semakin penting mengingat Kampus adalah tempat Kuliah dan penyiapan kader umat. Pada kondisi ini dakwah diharapkan memberikan tuntunan bagi Mahasiswa dalam mencapai cita-cita manusia seutuhnya. Manusia yang mempunyai keberpihakan tinggi kepada nilai-nilai Ilahiyah, kepekaan sosial terhadap permasalahan ummat, dan kemampuan profesional dalam bidang yang ditekuninya. Kader seperti inilah yang akan membawa kearah tatanan masyarakat tauhid, adil makmur, sejahtera dalam limpahan ampunan dan ridlo Allah.
Beranjak dari kesadaran akan kewajiban dakwah bagi setiap individu muslim serta urgensi dakwah dalam kehidupan masyarakat terutama pada mahasiswa, dengan semata mengharap ridho Allah SWT, maka lahirlah Imama Religi sebagai sarana untuk melakukan pembinaan dibidang keislaman.

Dasar Pendirian

Pembentukan Batasa Religi ini adalah untuk mengamalkan perintah Allah dan rasul-Nya yang tertuang dalam berbagai dalil, salahsatunya adalah:

  1. “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran [3] : 104)
  2. “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan ni’mat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena ni’mat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imran [3] :103)
  3. “Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. Ash-Shaff [61] : 4)
  4. “Demi Allah yang jiwaku ada didalam genggamannya, sungguh kalian dihadapkan pada dua pilihan, kalian melakukan amar ma’ruf nahyi mungkar atau Allah akan datangkan siksaan secara umum, dan bila seorang yang paling alim diantara kalian berdo’a maka do’anya tidak akan dikabulkan oleh Allah.” (HR. At-Tirmidzi)

Definisi Batasa Religi

Batasa Religi adalah Program pembinaan keIslaman dan mengadakan berbagai kegiatan keIslaman sebagai upaya syiar Islam. Dimana sasaran dakwahnya adalah seluruh pengurus dan anggota Forum Batasa serta pihak lain yang menjadi program binaan Forum Batasa.

Visi

Memahami Ajaran Agama Islam Secara Kaffah

Misi

  1. Melakukan pembinaan kepada pengurus dan anggota Forum Batasa berlandaskan Akidah Islam.
  2. Mewujudkan perubahan sosial menuju penerapan Syariat Islam dalam seluruh aspek kehidupan.
  3. Menggalang ukhuwah dan kerja sama dengan organisasi mahasiswa intern dan ekstern kampus.
  4. Meningkatkan peran dan kualitas Kader Dakwah

Tujuan

  1. Menanamkan nilai-nilai Islam dan menegakkan syi’ar Islam menuju tercapainya individu muslim dan kehidupan yang Islami serta generasi yang diridhoi oleh Allah SWT.
  2. Mengaktifkan kembali peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change
  3. Menggalang ukhuwah Islamiyah dikalangan umat Islam.

Fungsi

  1. wadah pembinaan kepribadian
  2. wadah pengembangan dan pembinaan
  3. wadah penyatuan Visi, Misi dan arah gerak perjuangan organisasi

Program Kegiatan

  1. Seminar Ilmiah
  2. Bedah Buku
  3. Training & Out Bound
  4. DIKLAT Da’wah Kampus
  5. Safari Ramadhon
  6. Pembinaan Materi Keislaman (MK)
  7. MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)
  8. Training Bahasa Arab, Inggris dan Mandarin
  9. Pesantren Kilat SMA
  10. Tahfidz Al-Quran

MATERI PEMBINAAN TINGKAT MAHASISWA/SEDERAJAT

  1. Materi Keislaman
  2. Pemikiran Islam
  3. Keorganisasian Islam

MATERI PEMBINAAN TINGKAT SMA/SEDERAJAT

  1. Materi Dasar Islam
  2. Pemikiran Islam Dasar
  3. Keorganisasian Islam  Dasar
Iklan