Tips Seputar Liburan | Pra, Saat, dan Pasca Liburan

Liburan 2Halo adik-adik, Kaka, dan Bunda, sebentar lagi kita masuk musim liburan y :). Sudah direncanakan liburannya mau kemana.? Nah bagi yang masih bingung mempersiapkan liburannya. Yuk kita simak tips seputar liburan dari Forum BATASA dan Bimbel BATASA

1.       Berlibur ke mana?
Langkah awal yang harus Anda lakukan tentunya adalah menentukan tempat tujuannya. Sejalan dengan itu, Anda juga harus menyusun budget liburan. Nah, apabila Anda memutuskan berlibur ke sebuah negara yang memerlukan kelengkapan dokumen seperti paspor dan VISA, jangan lupa meluangkan waktu mengurus semua kelengkapannya. Selain itu, cobalah mencari tahu peraturan serta kebiasaan sebuah negara.

2.       Berburu tiket.
Setelah mengetahui tempat tujuan liburan, saatnya berburu tiket. Mungkin akan sedikit mahal untuk membeli tiket menjelang akhir tahun. Namun, jika Anda beruntung sebagian maskapai penerbangan ada yang menawarkan promo tiket akhir tahun.

3.       Manfaatkan paket wisata.
Nah, jika Anda enggan repot, tidak ada salahnya menggunakan jasa paket wisata. Setidaknya, Anda tidak perlu repot mengurus tiket dan bisa maksimal mengunjungi tempat-tempat wisata di sebuah kota atau negara. Biarkan biro perjalanan yang mempersiapkan segalanya untuk Anda.

4.       Jaga kesehatan.
Nah, bagian satu ini sangat penting namun sering terabaikan. Anda tentu tidak mau kehilangan semua rencana liburan akhir tahun hanya karena tidak menjaga kesehatan bukan? Mulailah berolahraga, minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi dan kaya serat.

5.       Membawa bekal makanan.
Tips yang satu ini akan sangat berguna bagi Anda yang tergolong sebagai orang yang susah makan. Misalnya Anda berkunjung ke sebuah kota atau negara yang susah menemukan makanan sesuai selera. Sebaiknya persiapkan makanan bekal yang dapat Anda konsumsi selama berlibur.

6.       Pengeluaran tak terduga.
Yang terakhir dan tak kalah penting, jangan lupa untuk menyelipkan biaya tak terduga dalam budget liburan Anda. Karena terkadang ini bisa menyedot anggaran berlibur yang cukup besar.

 7.   Siapkan Rencana Cendera Mata Pasca Liburan

Dengan mempersiapkan cenderamata dan kisaran harganya, maka kita akan memperoleh gambaran seberapa besar biaya yang akan disiapkan untuk liburan. Jadi rencana pembiayaan liburan bukan hanya sebelum liburan tapi saat liburan dan pasca (setelah) liburan. Selamat berlibur! (Dari berbagai sumber | Gambar: tipnya.blogspot.com/2012/07/10-tips-liburan-yang-menyenangkan.html)

========================

Baca juga tips liburan yang lainnya:

Tinggalkan komentar